Antisipasi Penyebaran DBD, Dinkes Kota Banjar Lakukan Ini..

16
0
Istimewa. FOGGING. Kepala Puskesmas Pataruman I dr Ika Rika bersama petugas Dinkes sebelum fogging di Lingkungan Jatimulya Kelurahan Hegarsari Kecamatan Pataruman.
Istimewa. FOGGING. Kepala Puskesmas Pataruman I dr Ika Rika bersama petugas Dinkes sebelum fogging di Lingkungan Jatimulya Kelurahan Hegarsari Kecamatan Pataruman.
Loading...

BANJAR – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjar bersama Puskesmas Pataruman I melakukan fogging di Lingkungan Jatimulya Kelurahan Hegarsari Kecamatan Pataruman. Kegiatan itu sebagai upaya mengantisipasi merebaknya penyakit demam berdarah dengue (DBD) di musim penghujan.

Kepala Puskesmas Pataruman I dr Ika Rika mengatakan fogging dilakukan di wilayah tersebut setelah mendapat informasi bahwa ada yang menderita DBD. “Berkat adanya informasi itu, langsung telusuri dan melakukan pengecekan di lokasi,” kata dia kepada wartawan, Minggu (7/2/2021).

Kata dia, setelah ditelusuri, di Lingkungan Jadimulya merupakan rumah nenek dari anak yang meninggal dunia akibat DBD di Lingkungan Cikabuyutan Timur. Sebelum meninggal, almarhum sering tinggal bersama neneknya.

Baca juga : 4 Pegawai Puskesmas Langensari Kota Banjar Positif Covid-19

Saat itu, almarhum sakit sehingga dibawa orang tuanya kembali ke rumahnya di Lingkungan Cikabuyutan Timur. “Wilayah tersebut endemik DBD, padat penduduk dan dekat dengan Sungai Ciroas serta banyak jentik nyamuk. Maka langsung di-fogging,” ujarnya.

loading...

Petugas Dinkes Kota Banjar Acep Iwan menambahkan fogging dilakukan setelah ditelusuri wilayah tersebut merupakan endemik dan banyak terdapat jentik nyamuk. “Kita lakukan fogging dikhawatirkan almarhum tertular penyakit DBD dari sana (Jadimulya, Red),” kata dia.

Sampai saat ini, yang meninggal dunia akibat DBD satu orang. “Rencananya bulan ini akan dilakukan fogging massal, namun namun lihat situasi terlebih dahulu. Masyarakat saat ini tidak hanya dihadapkan wabah Covid-19 tapi juga DBD, maka dari itu selalu PHBS dan tidak melupakan 3 M,” ujarnya. (nto)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.