Antisipasi Resesi dengan Inovasi dan Terobosan

16
0
Joko widodo

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara terkait resesi ekonomi global berdampak pada sejumlah negara di dunia, termasuk di Indonesia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, Indonesia harus bisa menghindari resesi ekonomi. Hal utama yang dilakukan adalah pertumbuhan ekonomi tetap stabil.

“Kita harus mampu membentengi diri untuk tetap tumbuh stabil dan keberlanjutan. Kita harus berusaha memanfaatkan kemunduran di beberapa kawasan sebagai peluang untuk kita bisa melompat ke depan,” ujar Jokowi ditemui di Jakarta, Rabu (11/9).

Tak Lupa, selain itu harus melakukan inovasi dan terobosan yang baru. Maka, dengan memanfaatkan peluang pertumbuhan ekonomi di Tanah Air akan meningkat.

“Tidak ada cara lain selain kita harus selalu mengembangkan inovasi dan melakukan terobosan. Sehingga dalam situasi ekonomi dunia yang sedang sulit seperti sekarang ini justru menjadi peluang bagi kita di Asean untuk berkembang lebih cepat,” katanya.

Yang tak kalah penting, lanjut Jokowi adalah di antara negara-negara Asean harus saling bersinergi, dan bisa membuktikan diri sebagai kawasan yang aman, stabil, pertumbuhan ekonomi yang mengagumkan.

“Untuk tumbuh besar lagi maka kita butuh sinergi lebih banyak lagi. Namun negara-negara Asean harus saling membantu satu dengan yang lainnya termasuk di antara insinyur yang ada,” ucapnya.

Direktur Riset Center of Reform on Economics (Core) Indonesia Pieter Abdullah mengatakan, apa yang disampaikan Jokowi yang mudah untuk diucapkan, namun sulit untuk terapkan. Kenapa demikian, buktinya pertumbuhan ekonomi tidak lebih dari 5 persen. “Sekarang contohnya, pemerintah mengatakan terobosan, tapi pada kenyataannya tidak melakukan terobosan. Ya, APBN itu instrumen pemerintah tidak ada terobosan di fiskal dan moneter. Coba bagaimana mau ngomongin terobosan,” ujar Pieter. (din/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.