Antisipasi Tumpukan Sampah di Laut Pangandaran

14
BEBERESIH. Dinas LH dan Kebersihan Kabupaten Pangandaran beberesih di objek wisata menjelang libur natal dan tahun baru 2019 Kamis (6/12).

PANGANDARAN – Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan kabupaten Pangandaran gencar melaksanakan bebersih di tiap objek wisata Pangandaran. Hal ini bertujuan menyambut libur Natal dan Tahun Baru.

Kepala Bidang Kebrsihan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Pangandaran Cucu Kurniawan mengatakan saat libur natal dan tahun baru, diperkirakan jumlah pengunjung ke Pangandaran meningkat beberapa kali lipat. Untuk itu, pihaknya mulai mengantisipasinya dari sekarang. ”Kita lakukan penataan sampah dari sekarang, karena khawatir produksi sampah meningkat,” ujarnya kepada Radar, Kamis (6/12).

Selain melakukan operasi sampah di tiap objek wisata, pihaknya juga melakukan penataan di Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPA). ”Karena setiap liburan akhir tahun sampah yang dihasilkan bisa mencapai 500 kubik,” terangnya.

Apalagi saat ini sudah memasuki musim hujan, menurut dia, dikhawatirkan sampah dari sungai akan mengalir ke laut. ”Perlu penanganan yang serius, jangan sampai tumpukan sampah menghiasi pantai,” ujarnya.

Kasi Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Pangandaran Abay Bayanullah mengatakan penampungan sampah di TPA Purbahayu masih kurang maksimal, karena terbatasnya luas lahan. ”Selain itu diperlukan juga tambahan sarana pendukung lain,” tuturnya.

Namun pihaknya akan bekerja ekstra mengatasi tumpukan sampah pada libur ahir tahun. ”Dengan armada dan jumlah pekerja sekarang, tetap kami akan bekerja semaksimal mungkin,” tuturnya. (den)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.