Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
16%

84%

APBD Pemkot Tasik Belum Pro Rakyat Miskin

87
0

CIHIDEUNG – Wakil Direktur Sipatutat, Miftah Farid Almahzumi, mengkritisi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Tasikmalaya yang tak kunjung berpihak kepada masyarakat miskin.

“Sebab nyata-nyata Pemkot lebih memihak kepada pengusaha. Lihat saja tiap tahun yang diperbaiki selalu infrastruktur di wilayah perkotaan. Misalnya Jalan HZ Mustofa lagi, trotoarnya lagi, draenase-nya lagi,” paparnya kepada radartasikmalaya.com, Rabu (7/8).

Terang dia, jelas-jelas Jalan HZ adalah wilayah pusat pertokoan. Sementara wilayah perkotaan rasa desa seperti Kawalu, Mangkubumi, Tamansari, Cibereum dan sebagian Indihiang kurang tersentuh pembangunan infrastrukturnya.

“Masuk ke pusat kota yang selalu rajin diperbaiki tiap tahun itu seperti Cihideung, Tawang dan Cipedes suah jelas-jelas dinikmati masyarakat ekonomi menengah ke atas, atau pengusaha,” terangnya.

“Sementara masyarakat di kecamatan luar perkotaan juga ingin merasakan pemerataan pembangunan. Jadi tak sesuai lah angka kemiskinan menurun beberapa persen. Nyatanya tak berpihak kepada warga miskin APBD-nya,” sambungnya.

Dia menambahkan, Pemkot dalam hal meningkatkan perekonomian warga miskin juga tidak kreatif. Hanya mengandalkan program-progam yang telah digalakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) maupun Pemerintah Pusat.

“Pemkot hanya menggelontorkan program yang secara manfaat tak jelas. Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) adalah program Pemprov, Program Keluarga Harapan (PKH) adalah program pemerintah pusat,” tambahnya.

Jelas dia, secara nyatanya Pemkot hanya menggulirkan 1 program. Yaitu Wira Usaha Baru (WUB). “Karena yang dibangun adalah sistem desentralisasi bukan sentralisasi. Artinya ketika Rutilahu dan PKH diluncurkan itu hanya stimulus agar daerah seperti Pemkot membuat program lebih daripada itu. Bukan malah mengandalkan program yang di atas,” jelasnya.

(rezza rizaldi/ radartasikmalaya.com)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.