APBDes Bisa Dipakai Rutilahu

9
MENELPON. Kadis Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Dani Hamdani

PANGANDARAN – Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Pangandaran menyebutkan Anggaran Perancanaan Belanja Desa (APBDes) bisa digunakan untuk Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu).

”Dalam Permendagri No 20 Tahun 2018, ada rinciannya bahwa pengelolaan APBDes bisa digunakan rutilahu,” ungkap Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Pangandaran Dani Hamdani kepada Radar, Rabu (26/12).

Menurutnya, Pemkab Pangandaran belum bisa mengcover semua rutilahu yang ada di Pangandaran. Maka dari itu pihak desa bisa membantu dengan menganggarkan untuk rehabilitasi dari dana desa.

”Per tahunnya Pemkab hanya bisa mengcover 100 KK saja, sementara masih ada sekitar 1000 rumah yang masih mengantri,” tuturnya.

Lanjut dia, tidak ada batasan minimal dan maksimal dalam penganggaran rutilahu di tingkat desa. ”Itu hanya sekemampuan desa saja dan saat ini desa sedang melakukan penyusunan APBDes,” terangnya.

Selama ini, Pemkab menyalurkan bantuan rutilahu sebanyak Rp 20 juta per unit. ”Saya kira dengan angka segitu cukup digunakan untuk rehabilitasi rumah,” katanya.

Kades Sidomulyo Sugiono mengatakan dalam rancangan APBDes pihaknya belum menganggarkan untuk kegiatan rehabilitasi rutilahu.

”Karena yang kami fahami, dalam permen tersebut desa hanya memberikan dukungan pada pelaksanaan program rutilahu seperti sosialisasi,validasi data, pemetaan dan lain-lain,” tegasnya.

Menurut dia, saat ini APBDes Sidomulyo masih terfokus pada pembangunan infrastruktur saja. ”Dan saya kira di desa lain juga belum ada yang menyertakan program rutilahu,” jelasnya. (den)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.