APBDes di Garut akan Dievaluasi Kecamatan

74
0
KOMPAK. Asda I Setda Kabupaten Garut H Nurdin Yana bersama Kabag Hukum dan peserta bimtek baru-baru ini. soni tarsoni / rakyat garut
KOMPAK. Asda I Setda Kabupaten Garut H Nurdin Yana bersama Kabag Hukum dan peserta bimtek baru-baru ini. soni tarsoni / rakyat garut

TAROGONG KIDUL – Bagian Hukum Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Garut mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang Pembentukan Produk Hukum Daerah tahun 2020. Bimtek diselenggarakan sebagai persiapan pendelegasian evaluasi anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes) kepada kecamatan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Garut Ir H Deni Suherlan MSi mengatakan bimtek tersebut ditujukan kepada aparat kecamatan. Sebab nantinya pihak kecamatan akan diberikan tanggung jawab untuk evaluasi APBDes.

“Kita harus mampu untuk mempunyai pemahaman yang cukup tentang kemampuan teknis penyusuan, pembentukan produk hukum ini,” katanya usai membuka acara di Fave Hotel Garut Rabu (19/2).

Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Garut Kristanti Wahyuni SH menambahkan kegiatan yang dlaksanakan selama tiga hari tersebut dihadiri 126 peserta perwakilan dari 42 kecamatan di wilayah Garut.

“Kita memberikan pemahaman bagaimana proses pembentukan produk hukum daerah. Mulai dari proses perencanaan hingga penetapan sebuah produk hukum daerah itu secara umum, khususnya mempersiapkan bahwa evaluasi APBDes ke depan akan didelegasikan kepada kecamatan,” ujarnya.

Baca Juga : (VIDEO) Diguncang Gempa, TPT Limbangan Garut Ambruk

Karena itu, kata dia, kecamatan harus diberikan pemahaman bagaimana proses mengevaluasi APBDes yang baik, mulai dari pemahaman tentang perencanaan, kemudian pengelolaan keuangan desa dan aset desanya.

“Termasuk terkait dengan legal drafting, bagaimana sebuah produk di tingkat desa,” katanya.

Baca Juga : Sudah Diuji Coba, Kereta Api Cibatu-Garut Segera Beroperasi

Asisten Daerah (Asda) Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Garut Drs Nurdin Yana MH menuturkan manfaat pendelegasian APBDes kepada kecamatan yakni akan menghemat waktu dan rentang kendali.

“Kita sikapi hal itu dengan mendelegasikan kepada para camat beserta tim di lapangan, agar lebih dekat dan mengerti subtansi pokok yang ada di daerah itu,” ujarnya. Dia berharap program tersebut dapat dilaksaksan secara berkesinambungan. (son)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.