Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

4.1%

19.7%

8.1%

68.1%

Aplikasi Sicaplang Mulai Digunakan di Garut

52
0
MEMANTAU. Wagub Jawa Barat H Uu Ruzhanul Ulum memantau pelaksanaan penertiban penggunaan masker di kawasan Pengkolan Kecamatan Garut Kota, Rabu (2/9). Yana Taryana / Rakyat Garut

GARUT KOTA – Wakil Gubernur Jawa Barat H Uu Ruzhanul Ulum memantau langsung pengawasan penerapan protokol kesehatan di Kabupaten Garut, Rabu (2/9).

Kedatangan orang nomor dua di Jabar itu juga sekaligus menyosialisasikan penggunaan aplikasi pencatatan pelanggaran (Sicaplang) kepada petugas untuk mencatat identitas pelanggar protokol kesehatan.

Baca juga : 900 Warga Garut Terserang DBD & Chikungunya

“Saya ditugas oleh gubernur untuk sosialisasi Sicaplang. Sebab masih ada masyarakat yang kurang memperhatikan protokol kesehatan,” kata Uu di kawasasan pengkolan Kecamatan Garut Kota, kemarin.

Menurut dia, dengan adanya Sicaplang, identitas pelanggar protokol kesehahatan akan tersimpan. Ketika masyarakat baru kali pertama melanggar protokol kesehatan, petugas di lapangan hanya berhak memberikan sanksi ringan berupa teguran.

Namun, jika orang itu ternyata sebelumnya pernah melanggar protokol kesehatan, untuk pelanggaran kedua sanksinya adalah sanksi sosial. Ketika orang tersebut diketahui sudah tiga kali melanggar, maka sanksinya adalah denda.

Menurut Uu, Sicaplang dapat menyimpan data pelanggar protokol kesehatan dengan akurat. Artinya, meski pelanggar protokol kesehatan berasal dari luar kota, jika sebelumnya pernah melakukan pelanggaran protokol kesehatan, datanya akan tersimpan di aplikasi.

“Meski dia pertama melakukan pelanggaran di Garut, tapi kalau terkena lagi di wilayah Jabar lain, akan tetap ada datanya. Jadi tidak bisa berbohong mereka,” katanya.

Baca juga : 1.100 Ha Lahan di Garut Rawan Kebakaran

Sementara itu, berdasarkan pemantauannya, masyarakat Kabupaten Garut sudah disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

Meski, masih ada saja masyarakat yang tak memakai masker. Kendati demikian, ia meminta petugas pengawasan untuk terus memberikan pemahaman dan edukasi terkait pentingnya memakai masker. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.