Ar Rohmah Juara Kedua Seni Hadroh

7
TAMPIL MAKSIMAL. Tim Hadroh Ponpes Ar Rohmah berhasil meraih juara 2 Pekan Olahraga Dan Seni Ponpes Daerah (Pospeda) Tingkat Jawa Barat.

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

TASIK – Pondok Pesantren Ar Rohmah Tamansari Kota Tasikmalaya meraih juara 2 hadroh putri dan juara 2 pidato Bahasa Indonesia putri dalam Pekan Olahraga Dan Seni Ponpes Daerah (Pospeda) Tingkat Jawa Barat.

Pengasuh Pesantren Ar Rohmah Dede Iim Muflihah SPd mengatakan, hadroh jadi salah satu kegiatan santri yang diunggulkan di MTs Ar Rohmah Tasikmalaya. Selama ini Ponpes Ar Rohmah dikenal unggul dalam bidang seni.

“Prestasi ini menjadi kebahagian bagi kami, dari pesantren kami sebetulnya juga mengirimkan tim hadroh putra tapi belum masuk juara,” tutur Iim kepada Radar, Jumat (5/10).

Dia juga menyebutkan, tim hadroh putri yang menjadi juara yakni Wafa Siti Aulia, Siti Hilda Nuraeni, Krisna Amelia, Neng Syifa Fauziah, Nur Hilmiah, Saila Nurmilati Rohman, Annisa Fauziah, Silva Janni, Neng Vina dan Irna Fitriani. Adapun santri yang mendapat juara pidato Bahasa Indonesia yakni Rani Rahmawati.

Iim mengatakan prestasi yang diraih karena motivasi dan juga semangat yang tinggi dari peserta didik, dari segi persiapan dan latihan sudah dilakukan optimal dan karena menjadi kekhasan sehingga latihan di lakukan bukan hanya saat ada lomba.

“Untuk lomba ini kita kurang dalam kostum, karena memang untuk hadroh selain vokal dan juga kreativitas juga kostum harus menarik dan rapi,” terangnya.

Dia berharap prestasi yang diraih ke depannya bisa lebih meningkat, selain itu juga ada perhatian lebih dari pemerintah untuk santrinya yang berprestasi sebagai reward karena sudah ikut serta mengharumkan Kota Tasikmalaya di tingkat Jawa Barat.

Iim menjelaskan, hadroh bukan satu-satunya cabang seni yang dipelajari santrinya. Di Ar Rohmah santri juga belajar seni marawis dan qosidah. Bahkan santri juga diajarkan untuk bisa berdakwah atau berpidato.

“Sehingga ilmu yang dipelajari di pesantren bisa dikembangkan dan dikolaborasikan dengan kemampuan public speaking,” terangnya.

Salah satu vokalis tim hadroh Ar Rohmah Wafa Siti Aulia mengaku banyak pengalaman dan juga pelajaran yang bisa diambil dari perlombaan yakni keikhlasan dan sportivitas.

“Setiap kegiatan pasti memiliki suasana yang berbeda, selain persiapan yang matang, kita juga harus mengecek ulang kebutuhan lainnya untuk tampil sehingga bisa optimal. Pengalaman ini jadi pelajaran ke depan untuk lebih baik,” ujar Wafa. (ais)

loading...