ARM Mulai Bangun Koalisi Gemuk di Pilkada 2020

1113
0
foto-foto: istimewa SALAM KOMANDO. Dewan Pembina Tim Pemenangan ARM, H Amir Mahpud saat bertemu dengan Ketua DPW PKB Jawa Barat H Syaiful Huda serta Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto beberapa waktu lalu.
Loading...

TASIK – Gagasan membangun koalisi gemuk (besar) yang diusung bakal calon Bupati Tasikmalaya H Azies Rismaya Mahpud (ARM) nampak bukan sekadar isapan jempol.

Hal ini setelah Dewan Pembina Tim Pemenangan ARM, H Amir Mahpud melakukan silaturahmi dan komunikasi politik dengan dua petinggi parpol yakni Ketua DPW PKB Jawa Barat H Syaiful Huda dan Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Baca juga : Lagi, Minggu Dini Hari Banjir Terjang Warga Sukaresik Tasikmalaya

Ya, diketahui adik kandung ARM tersebut bertemu secara khusus dengan Ketua DPW PKB Jawa Barat H Syaiful Huda yang juga sekaligus Ketua Komisi X DPR RI di salah satu restoran di Jakarta.

Dalam pertemuan yang berlangsung selama 2 jam itu, Amir dan Huda disinyalir membuka komunikasi politik dengan membahas rencana koalisi besar di Pilkada Tasikmalaya tahun 2020.

Apalagi diketahui, PKB sendiri mulai mengerucutkan nama-nama bakal calon yang akan diusung yakni Haris Sanjaya dan Iip Miftahul Paoz. Sebelumnya, PKB saat menggelar konsolidasi penataan struktur DPAC PKB se-Kabupaten Tasikmalaya menyatakan akan mengusung kader untuk posisi bakal calon Wakil Bupati Tasikmalaya.

Tak lama setelah bertemu Huda, H Amir pun diketahui telah bertemu dengan Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Sucipto di rumah pribadinya pekan lalu.

Loading...

Dalam pertemuan yang berlangsung selama 1,5 jam tersebut. H Amir dan Airlangga yang juga Menko Perekonomian itu membahas berbagai persoalan mulai dari kebangsaan hingga kondisi politik nasional maupun daerah.

Seperti diketahui beberapa waktu lalu, bakal calon Bupati Tasikmalaya ARM telah mendaftarkan diri sebagai calon bupati untuk diusung partai berlambang pohon beringin tersebut.

Bertemunya dua petinggi parpol di tingkat pusat dengan H Amir Mahpud tersebut diprediksi telah terjadi kesepahaman dalam membangun koalisi gemuk di Pilkada Tasikmalaya pada 23 September 2020.

Seperti diketahui pada edisi Radar 18 Februari 2020. Dewan Pembina Pemenangan ARM, H Amir Mahpud mengatakan ARM membutuhkan dukungan tidak hanya dari masyarakat tetapi juga partai politik. ”Tujuannya agar ketika dipercaya memimpin Kabupaten Tasikmalaya, pemerintahannya bisa kuat. Maka kami sedang mengupayakan koalisi gemuk (besar, Red),” ujarnya kepada Radar, belum lama ini.

Untuk itu, kata H Amir, pihaknya saat ini terus intens melakukan komunikasi politik bersama beberapa parpol baik di tingkat pusat, provinsi dan daerah. ”Ya kita terus menjalin silaturahmi dan komunikasi, karena dalam Pilkada itu koalisi menjadi sebuah keniscayaan,” terangnya.

Ketika ditanya parpol mana saja yang sudah menjalin komunikasi? lelaki yang akrab disapa H Aming itu menegaskan hampir semua parpol telah berkomunikasi. Tinggal saat ini menunggu restu di tingkat DPP masing-masing parpol.

”Alhamdullillah semua menyambut baik ketika kami silaturahmi dan berkomunikasi. Saya yakin ARM bisa mendapatkan dukungan dari koalisi besar,” tuturnya.

Namun, kata H Amir, dirinya belum bisa menyebutkan parpol mana yang telah berkomunikasi dalam upaya membangunkan koalisi besar tersebut. “Pada prinsipnya, parpol yang akan bergabung mengusung ARM merupakan parpol yang memiliki satu frekuensi sama dalam membangun Kabupaten Tasikmalaya lebih baik lagi,” tuturnya.

Saat ditanya apakah ARM sudah mempersiapkan calon pendampingnya? H Amir mengaku pihaknya akan terlebih dahulu membentuk koalisi, kemudian menentukan bakal calon wakil bupati yang akan diusung. ”Kita bangun koalisi dulu, baru menentukan siapa pendampingnya,” tegas dia.

Terpisah, Ketua Tim Pemenangan Azis Rismaya Mahfud (ARM) Ustaz Budi Ahdiat mengungkapkan saat ini ARM masih fokus terhadap sosialisasi kepada masyarakat untuk meningkatkan popularitas dan elektabilitas.

“Kita masih membangun komunikasi dengan parpol. Termasuk mendaftar ke partai seperti Gerindra, PKB, Golkar dan Demokrat,” ungkap dia. Untuk itu, hingga kini, siapa yang akan mendampingi ARM, kata Ustaz Budi, pihaknya belum melakukan penjajakan lebih intens.

Tetapi komunikasi politik sudah mulai dilakukan dengan beberapa figur seperti Haris Sanjaya, Cecep Nurul Yakin, Erry Purwanto, Iwan Saputra, H Suryana hingga Iip Miftahul Paoz. “Kita sudah berbicara dengan para kandidat tersebut, dan akan menentukannya lewat hasil survei,” paparnya. (igi/dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.