Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.8%

8.8%

2.4%

26.3%

2.6%

49.9%

0.1%

9.1%

0%
Jalur Garut-Singaparna Macet

Arus Padat, Sistem One-Way Diberlakukan di Gentong

195
0
MENGULAR. Kendaraan di lingkar Gentong Kecamatan Kadipaten Kabupaten Tasikmalaya mengular saat diberlakukan sistem one-way, Kamis (6/6/2019). FOTO: Ujang Nandar / Radar Tasikmalaya

TASIK – Arus lalu lintas mudik dan balik Lebaran sudah mulai padat di Jalur Gentong Kecamatan Kadipaten Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (6/6/2019). Sistem one-way pun diberlakukan untuk mengurai kemacetan.

Sekitar pukul 15.30, Polres Tasikmalaya Kota menutup sementara akses dari Tasik menuju Bandung di Lingkar Gentong hingga pukul 16.30. Kendaraan dari arah timur ke barat pun mengular dari Kadipaten hingga Ciawi.

Kasat Lantas Polres Tasikmalaya Kota AKP Andrianto SH menerangkan, pada H+1 Lebaran, one-way sudah diberlakukan dua kali di lingkar Gentong yakni pukul 11.00 dan pukul 15.30. One-way tersebut untuk mengurai kepadatan lalu lintas yang mengular dari Rancaekek Kabupaten Bandung hingga Malangbong, Garut. “Kami melakukan pemendingan di lingkar Gentong ini karena volume kendaraan meningkatnya cukup luar biasa,” tutur dia.

Menurut dia, kendaraan yang masuk jalur selatan Jawa Barat masih didominasi oleh pemudik. “Itu karena adanya silaturahmi dan wisata,” kata dia.

Dalam memberlakukan sistem one-way, Polres Tasikmalaya Kota berkoordinasi dengan Polres Garut. Adapun hambatan arus dari arah timur menuju barat ada di titik tanjakan Stroberi Gentong dan tanjakan Puspa yang menyambung hingga Malangbong. “Itu karena volume kendaraan meningkat dan adanya laju kendaraan yang melambat,” tutur Andrianto.

Sementara itu, kepadatan arus balik diprediksi terjadi pada Jumat dan Sabtu.

PENUTUPAN. Arus kendaraan dari arah Tasik menuju Bandung ditutup sementara saat pemberlakukan sistem one-way di lingkar Gentong Kadipaten Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (6/6).

Salah seorang pemudik Lebaran, Edin (45) menerangkan, perjalannya dari Bandung ke Tasikmalaya sering kali tersendat. Khususnya di wilayah Malangbong dan Limbangan. Namun, dia bersyukur setelah masuk ke Gentong, arus lalu lintas lancar. “Mudah-mudahan sampai Ciamis bisa lancar,” ujar pemudik asal Ciamis ini.

Jalur Garut-Singaparna Macet

Di Jalur Garut-Singaparna, arus lalu lintas macet, Kamis (6/6). Kemacetan tersebut dipicu karena banyak keluar-masuk kendaraan di persimpangan, pasar tumpah dan aktivitas masyarakat yang bersilaturahmi ke sanak saudaranya.

Kapolres Tasikmalaya AKBP Dony Eka Putra SIK menerangkan, kendaraan yang melintas di jalur alternatif selatan Jabar itu didominasi roda empat berpelat D dan B. Sebagian dari mereka baru pulang mudik Lebaran untuk menghindari kemacetan. “Mereka ini tadinya akan menghindari kemacetan, namun malah terkena macet,” tutur dia.

Untuk mengurai kemacetan, polisi melakukan pengalihan arus di perempatan Jalan Muktamar Singaparna. Kendaraan dari arah Tasikmalaya menuju Garut dialihkan ke Cipasung melalui Bojongkoneng dan keluar di pertigaan Cintawana. “Kita berupaya maksimal tentunya melayani pemudik maupun pebalik termasuk warga lokal yang hendak silaturahmi,” kata dia. (ujg)

 

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.