Asah Kreativitas Melalui Seni Teater

22

TASIK – Guna membentuk siswa berkarakter, SMK Al-Muawanah di Desa Sukanagara Tanjungjaya Kabupaten Tasikmalaya membentuk ekstrakurikuler Teater Kita Samanah.

Pembimbing SMK Al-Muawanah Hermanto SPd mengatakan Teater Kita Samanah ini berdiri sejak tahun 2016 dengan anggota 25 siswa kelas X hingga kelas XII. “Mereka melakukan latihan setiap Sabtu usai kegiatan belajar,” ujarnya kepada Radar, Selasa (4/12).

Dia mengatakan, tujuan dibentuknya Teater Kita Samanah ini guna mewujudkan karakter peserta didik yang beriman, bertakwa, mandiri, kreatif dan inovatif melalui seni teater.

Selain itu, melalui teater ini diharapkan dapat mewujudkan lingkungan pembelajaran yang menyenangkan melalui latihan dan pengembangan potensi serta bakat di bidang seni.

Lanjutnya, nama Teater Kita Samanah ini diambil dari kata ganti persona jamak. Adapun nama Samanah diambil dari Bahasa Sunda yang berarti satu hati. “Jadi maksud dari Teater Kita Samanah itu adalah untuk semua warga SMK AL-Muawwanah,” ungkapnya.

Kepala SMK Al-Muawanah Sugilar Wigena SKom mengatakan teater ini sudah sering tampil di beberapa acara seperti pada pentas seni hingga acara perpisahan sekolah.

“Diharapkan bisa menumbuhkan bakat dan minat anak di bidang teater, serta membuka peluang siswa untuk bisa mendalami ilmu tersebut, selain ilmu yang sesuai dengan jurusannya,” tambahnya. (obi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.