Asda III Ciamis Beraharap Polisi Usut Tuntas Penyebab Kematian Mantan Kadis Binamarga

258
0
radartasikmalaya.com
Jasad mantan Kadis Binamarga Ciamis saat akan dimakamkan. istimewa untuk radartasikmalaya.com

CIAMIS – Asda III Setda Ciamis Drs H Oman Rohman berbela sungkawa atas meninggalnya mantan Kepala Dinas Bina Marga Kabupaten Ciamis Drs Soekanda Mansoer M MM yang meninggal dunia.

“Kami juga mendorong kepolisian untuk terus mengusut tuntas kejadian tersebut semoga yang melakukan cepat tertangkap,” tegas Oman kepada Radar Kamis pagi (1/10). Menurutnya, almarhum Soekanda mengabdi di Pemkab Ciamis cukup lama. Dia alumni APDN Bandung.

Baca juga : Warga Jalan Sudirman Ciamis Resah, 4 Tahun Diteror Geng Motor, Sudah Lapor Polisi

Dihubungi terpisah, mantan Bupati Ciamis Drs H Iing Syam Arifin juga menyampaikan belasungkawa atas wafatnya almarhum Soekanda. Dia berharap secepatnya pihak kepolisian segera mengungkap kasus tersebut agar jelas.

“Saya sebagai ketua alumni APDN dan STPDN (IKAPTK) Ciamis-Pangandaran juga ikut belasungkawa,” ucap H Iing.

Sepengetahuan Iing, Soekanda alumni APDN Bandung Angkatan Xll tahun 1981. Dia pernah sama dengan Iing saat bersama-sama bertugas sebagai camat. “Beliau (bertugas) di Cijulang, sementara saya di Kalipucang. Beliau di Dinas PU (Bina Marga) dan saya di Dinas Parawisata,” ujar Iing.

“Jadi saya sudah lama tidak ketemu. Beliau enggak pernah curhat urusan pribadi,” ujarnya.

Iing mendapatkan kabar soal Soekanda saat yang bersangkutan masih dirawat di IGD Jasa Kartini atau beberapa saat setelah tiba dari TKP.

“Dapat kabar jelas kaget dikira kecelakaan tunggal dan heran biasanya jarang naik motor,” ujarnya.

Dia kemudian mendapatkan kabar bahwa Soekanda mengalami luka parah di bagian kepala.

Istri mantan Kepala Dinas Bina Marga Kabupaten Ciamis Drs Soekanda Mansoer M MM, Susi Suci Andani (45), sebelumnya, meminta kepolisian mengusut tuntas kasus yang menewaskan suaminya. Karena di tubuh sang suami ditemukan bekas penganiayaan. Matanya lebam.

Suci menjelaskan saat sang suami pergi dari rumahnya di Jalan Padasuka, Tawang, Kota Tasikmalaya, Kamis subuh (24/9).
Dia mencari ke ruang tamu dan ruang televisi, namun Soekanda tidak ada.

Juga ke garasi. Tidak ada juga. Namun saat itu motor tidak ada di garasi. Dia berkesimpulan, sang suami pergi.

“Saya nunggu-nunggu dan terasa pikiran juga bingung ke mana suami itu. Saya telepon ke Hotel Nukita ke karyawan di Ciamis, tidak ada juga,” papar Suci di rumahnya Rabu pagi (30/9).

Dia baru mendapatkan informasi tentang sang suami sekitar pukul 07.30. Saat itu, ada yang datang ke rumahnya dan menemukan sang suami di Sindangkasih, Ciamis. Dia lalu bergerak ke lokasi tersebut. Di sana, sang suami tergeletak. Telentang. Kedua matanya lebam. Badannya luka-luka.

“Awalnya saya beranggapan kecelakaan. Tapi dalam hati saya tidak mungkin kecelakaan. Soalnya lihat mata seperti kayak ditonjok,” paparnya.

Di lokasi penemuan Soekanda, Susi melihat posisi motor terstandar dan terkunci leher (stang). Moto juga rusak. Jok sobek-sobek. Lampu-lampu pecah.

Dia mencari kunci motor. Namun tidak ditemukan. Di bagasi, ada pelat nomor. Sudah dicopot dari tempatnya.
“Motor sudah hancur seperti ada yang merusak,” ujarnya.

Sang suami kemudian dibawa ke RS JK Kota Tasikmalaya. Di sana, dia tidak banyak bertanya, karena sang suami kesakitan. Kasihan.

Hanya, kata dia, tim medis bertanya kepada Soekanda kenapa Soekanda sampai terluka. Dia menjawab, “Saya dipukulin orang,” ujarnya menirukan percakapan sang suami dan tim medis.

Baca juga : Kadus: Saya Lihat Muka Mantan Kadis Binamarga Ciamis Bonyok

Namun sang suami tidak menyebutkan pelaku pemukulan. Susi juga tidak berani bertanya. Karena khawatir sang suami tidak kuat menahan sakit.

“Saya juga saat itu (beranggapan, Red) bapak tidak akan meninggal dan beranggapan akan sembuh, tapi tahunya hanya bertahan hanya dua jam dan meninggal dunia,” ungkapnya. (isr)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.