Askab PSSI Lakukan Penyegaran Wasit

47

TAROGONG KIDUL – Asosiasi Kabupaten (Askab) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Garut terus melakukan upaya untuk meminimalisir keterlibatan wasit sepakbola maupun futsal dalam praktik haram match fixing atau pengaturan skor. Salah satu upaya yang dilakukan yakni melakukan penyegaran terhadap wasit sepakbola dan futsal.

“Intinya penyegaran ini untuk mempersiapkan wasit supaya dalam memimpin pertandingan siap fisik, mental dan juga ahlak yang baik,” ujar Ketua Askab PSSI Garut Amirudin Latif kepada wartawan usai membuka program penyegaran wasit di SMKN 1 Garut Minggu (22/12).

Amir menerangkan dengan penyegaran itu, wasit yang menjadi pengadil di lapangan akan bekerja sesuai tugasnya dan tidak ikut bermain dalam praktik haram. “Match fixing saat ini sedang ramai dibicarakan di tingkat pusat. Jadi kami antisipasi dengan kegiatan ini,” terangnya.

Menurut dia, program penyegaran wasit dilaksanakan bukan secara mendadak ketika mencuatnya isu match fixing. Tetapi merupakan program yang sudah direncanakan sebelum mencuatnya kejadian tersebut.

“Ini sudah direncanakan jauh hari sebelum terungkap adanya mafia pengaturan skor. Program ini sudah kami rencanakan dari awal. Kegiatan ini merupakan inisiatif dari exco perwasitan dan direktur wasit,” ungkapnya.

Dia berharap wasit tidak terpengaruh dengan bujuk rayu para mafia sepakbola. “Jadilah wasit yang semestina, menjadi pengadilan di lapangan,” tegasnya.

Amir menerangkan Askab PSSI Garut sudah memiliki wasit yang sudah bersertifikat nasional dan AFC. Beberapa diantaranya ditugaskan memimpin Liga Indonesia, baik di liga 1, 2 dan liga 3.

Exco Perwasitan Askab PSSI Garut Prederico mengatakan kegiatan penyegaran terhadap wasit dilaksanakan selama dua hari yakni Sabtu dan Minggu (22-23/12).

Dalam kegiatan ini, pihaknya menghadirkan wasit nasional sebagai pemateri kegiatan yang diikuti 65 wasit tersebut. “Mereka dibekali ilmu terkait perwasitan serta motivasi dari wasit nasional ini,” paparnya. (yna)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.