Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
16%

84%

ASN Jangan Gaduh Soal Pemilu

16
0

PANGANDARAN – Badan Pengawas Pe­milu (Bawaslu) Kabupaten Pa­ngandaran meminta kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) bersikap netral, dengan tidak mengungkapkan dukungan secara terang-terangan baik itu di media sosial maupun dikhalayak umum.

Ketua Bawaslu Iwan Yudiawan mengatakan bahwa ASN juga jelas tidak boleh menyebarluaskan pendapat yang bermuatan kebencian baik itu di media sosial maupun media massa.

” Intinya jangan menunjukan keberpihakan ke salah satu calon, mungkin itu bisa diterjemahkan sendiri,” tegasnya kepada Radar, Rabu (13/2).

Menurut dia, jangankan mengungkapkan secara terang-terangan menunjukan simbol dukungan atau keberpihakan sudah jelas melanggar.

”Misal, kalau berfoto dengan calon terus jarinya menunjukan simbol ya itu tidak boleh,” terangnya.

Seharusnya, kata dia, ASN lebih me­munculkan soal kebaikan dan juga perdamaian selama proses p­emilu berjalan.

”Kami terus me­lakukan pemantauan, untuk meng­antisipasi adanya ASN yang me­lakukan pelanggaran pemilu,” ucapnya.

Bila ada yang terindikasi, lanjut dia, Bawaslu akan menindaklanjuti dengan merekomendasikan ke instansi lebih tinggi, untuk segera ditindak.

”Kalau jabatan ASN-nya lebih tinggi, langsung ke Komisi ASN melalui Bawaslu Jawa Barat, jika ditemukan pelanggaran maka akan ditindak, mulai dari teguran sampai pemecatan,” tuturnya.

Tahun sebelumnya, Bawaslu Pangandaran pernah menindaklanjuti dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh ASN. ”Kami tindak lanjuti saat itu, sampai ke Komisi ASN,” jelasnya.

Dirinya meminta kepada siapa pun yang menemukan pelanggaran ASN, segera untuk melapor. ”Sebagai bentuk pengawasan partisipatif, kami sangat welcome bagi yang mau melapor,” tegasnya. (den)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.