ASN Pangandaran Rentan Langgar Aturan saat Pilkada

60
0
DIKUMPULKAN. Sejumah ASN di Kabupaten Pangandaran dikumpulkan Bawaslu Jumat (28/2). Mereka mengikuti sosialisasi Netralitas ASN di Pilkada Serentak tahun 2020.
DIKUMPULKAN. Sejumah ASN di Kabupaten Pangandaran dikumpulkan Bawaslu Jumat (28/2). Mereka mengikuti sosialisasi Netralitas ASN di Pilkada Serentak tahun 2020.

PANGANDARAN – Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kabupaten Pangandaran dikumpulkan Badan Pengawas Pemilu (Bawasalu) Kabupaten Pangandaran. Mereka diberikan arahan terkait netralitas aparatur sipil negara (ASN) dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Pangandaran Gaga Abdillah akan terus memonitor ASN di Kabupaten Pangandaran dalam tahapan hingga masa kampanye berlangsung.

”Karena mereka rentan terjerat Undang-Undang ASN, selama masa kampanye khususnya. Mereka harus faham aturan dan regulasi yang telah ditetapkan,” jelasnya kepada Radar, Jumat (28/2).

Baca Juga : Pemilihan Bupati di Pangandaran Rawan Sengketa

Menurut dia, ASN di Kabupaten Pangandaran bisa disebut rentan melakukan pelanggaran jika dilihat dari Indeks Kerawanan Pemilu (IKP).

”Di sisi lain incumbent di Pangandaran disebut-sebut akan maju di Pilkada 2020, hal ini tentunya dikhawatirkan menimbulkan ketidaknetralan,” terangnya.

Polititasi bisa terjadi, karena mereka merupakan penyelenggara negara yang mengurusi masyarakat secara langsung.

”Dikhawatirkan banyak yang mempolitisasi masyarakat untuk mendukung salah satu pasangan calon,” jelasnya.

Baca Juga : Bawaslu Pangandaran Awasi Syarat Dukungan Cabup Perorangan, Ini yang Dikhawatirkan

Lanjut Gaga, pengawasan aktivitas ASN di media sosial bisa dibilang masih lemah, karena Peraturan Bawaslu sendiri masih banyak yang digodok, salah satunya terkait pengawasan media sosial.

”Kalau sebelumnya kita juga melakukan pencegahan adanya pelanggaran Pemilu di media sosial,” terangnya.

Dirinya berharap semua ASN di Pangandaran bisa menjaga netralitas mereka selama Pilkada berlangsung dan tidak diharapkan melakukan pergerakan yang bisa merugikan salah satu pasangan calon. (den)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.