Pilkada 2020, ASN Target Pengawasan Bawaslu Pangandaran

54
0
Iwan Yudiawan Ketua Bawaslu
Iwan Yudiawan Ketua Bawaslu

PANGANDARAN – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pangandaran mengajak seluruh anggota Organisasi Masyarakat Setempat (OMS), Organisasi Kepemudaan (OKP) dan organisasi lainnya mengawasi proses Pilkada 2020.

Ketua Bawaslu Iwan Yudiawan mengatakan sosialisasi partisipasif tersebut sebagai upaya pencegahan terhadap potensi pelanggaran-pelanggaran yang akan terjadi pada tahapan Pilkada 2020.

”Sebagaimana kompetisi peserta Pilkada yang begitu kuat, akan berpotensi memunculkan banyak penyimpangan yang harus diantisipasi Bawaslu,” ungkapnya kepada Radar, Minggu.(24/11)

Menurut dia, luasnya kompetisi di seluruh wilayah Kabupaten Pangandaran, perlu adanya pengawas partisipatif. ”Makanya kami memberikan pemahaman tentang teknis penyelenggaraan dan pengawasan beserta sub tahapan. Serta mekanisme penanganan pelanggaran,” ujarnya.

Selain itu, mereka juga memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait demokrasi dan isu penting dalam penyelenggaraan pemilihan kepala daerah tahun 2020.

”Terkait isu yang berkembang dalam penyelenggaran Pilkada 2020 ini patut untuk diketahui,” tuturnya.

Lanjut dia, keterlibatan masya­rakat dalam pengawasan Pilkada langsung sangatlah penting, karena berhasil tidaknya Pilkada tergantung dari masyarakat juga.

”Netralitas Apratur Sipil Negara (ASN,Red) akan menjadi fokus kita dalam Pilkada tahun depan, karena incumbent akan maju kembali,” katanya.

Pihaknya juga akan terfokus pada urusan money politics, sebagaimana diketahui Bawaslu menemukan 12 dugaan money politics pada pelaksanaan Pemilu 2019 lalu.

”Pekerjaan rumah kami ke depan adalah bagaimana caranya masyarakat bisa terlibat langsung, kami berpesan setiap ada infomrasi pelanggaran, harap dilaporkan kepala kami maupun yang terindikasi pelanggaran,” ujarnya. (den)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.