Atap Gedung IGD RSUD Ciamis Ambruk, Konstruksi Baja Ringan Dituding Penyebabnya

392
0
radartasikmalaya.com
Petugas tampak memeriksa ruangan IGD RSUD Ciamis yang ambruk, Senin (19/10) malam. screenshoot radartasikmalaya.com
Loading...

CIAMIS – Ahli konstruksi baja ringan, Muhammad Bar, menduga ambruknya atap bangunan lantai dua IGD RSUD Ciamis, karena kontruksi ringan yang kurang baik.

Pertama, jika konstruksi baja ringan lebih baik tidak pakai genting yang tebal seperti itu. Sebab bukan diperuntukannya. Namun, khusus rangka baja ringan seharusnya memakai multi roof.

Dijelaskan dia, bahwa pemasangan baja ringan perlu analisa, terutama oleh beban bahan pengaruh dan ketebalan baja ringan yakni paling baik satu milimeter.

“Namun yang saya amati, beberapa kejadian dari baja ringan amruk, karena diduga cara pemasangan,” papar Mummad yang juga Direktur CV Kurnia   kepada Radar, Selasa (20/10) pagi.

Dia menyarankan Pemkab Ciamis, khusus untuk bajaringan, konsultan perencanaan juga harus disesuiakan.

Loading...

“Dimana, bajaringan ketebalan satu  mili itu, dengan jarak kuda-kuda satu meter, dimana sebetulnya yang buatnya harus konsultan bukan pemborong,” ujarnya.

“Namun, saya melihat sekarang ini justru konsultan itu hanya copy paste. Jadi, harga sekian-sekian langsung digebudkeunn, padahal baja ringan itu kontruksi yang betul-betul terpasang,” sambungnya.

Ungkap dia, konstruksi bajaringan itu masa garansinya 10 tahun. Kekuatan juga sampai 20 tahun. Dimana persoalanya bahwa masalah baja ringan harus tahu juga beban tekanan, beban  angin. Karena dari ketahanan juga baja ringan bisa berubah.

“Contohnya, jika pemasangan bautnya salah karena longgar, bisa gerak, terutama kalau bangunan di pinggir jalan kena getaran kendaraan juga mempengaruhi dan goyang,” tuturnya.

“Jadi, persoalanya konsultan juga harus paham. Jangan sampai copy paste. Seperti enginering reeport juga harus konsultan yang buat,” tukasnya.

Muhammad mengaku, sepengatahuan pihaknya, pemasangan baja ringan juga belum pernah sampai ada yang roboh meski bertahun-tahun.

“Yang memasang baja ringan propesional dan bersertifikat,” tuntasnya.

(iman s rahman)

Berita Terkait:

WADUH.. Atap Gedung Lantai 2 IGD RSUD Ciamis Ambruk, Pasien Dievakuasi

Bupati & Wakil Bupati Ciamis Tengok Robohnya Atap IGD RSUD

Atap Gedung Lantai 2 IGD RSUD Ciamis Ambruk, Begini Kata Direktur..

 

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.