Atap Gedung Sekolah yang Pake Baja Ringan Harus Dicek Ahli

137
0
Loading...

CIAMIS – Ketua Gabungan Asosiasi Pengusaha Konstruksi Indonesia (Gapensi) Kabupaten Ciamis H Trian Slamet Triana menyarankan ada pemeriksaan bangunan-bangunan sekolah yang menggunakan baja ringan oleh tim ahli.

“Jangan-jangan sudah lebih dari 10 tahun sehingga bisa diketahui usia bangunan tersebut, karena konstruksi atap memakai baja ringan itu ada batas usia kekuatannya,” ujarnya saat diwawancarai, Senin (4/1).

Berikutnya, kata dia, harus dicek siapa saja konsultan perencana yang merencanakan pembangunan atap sekolah menggunakan konstruksi atap baja ringan, karena bagi kontraktor pelaksana memasang baja ringan sesuai yang dipersyaratkan konsultan perencana. Kemudian diperiksa dulu oleh konsultan pengawas sebelum pembayaran.

Malahan kalau tidak salah, kata dia, kontraktor pelaksana harus menujukkan sertifikat bahan baja ringan dan tenaga pemasang yang sudah disertifikasi dan harus ada garansi 10 tahun.

”Saya juga secara pribadi sudah menyampaikan kepada para pihak agar hati-hati waspada terhadap bangunan sekolah yang menggunakan atap baja ringan menjelang diberlakukan sistem belajar mengajar tatap muka ketika Covid-19,” paparnya.

Loading...

Baca juga : Tanah Retak Landa 4 Kecamatan di Ciamis, Puluhan Rumah Rusak

Menurutnya, semua pengusaha konstruksi Ciamis yang bergerak di bidang bangunan gedung sudah memiliki semua persyaratan tentang atap baja ringan. ”Kalau tidak memiliki persyaratan tersebut maka tidak akan lulus tendernya,” ujarnya.

Dia menyampaikan yang harus dipikirkan adalah keselamatan warga sekolah yaitu tenaga pendidik dan siswa. Terutama bagi bangunan atap baja ringan yang sudah berusia di atas 10 tahun.

“Para ahli konstruksi dinas teknis harus hadir sesegera mungkin untuk menganalisa kemungkinan-kemungkinan dan mencari solusinya setelah ada dua contoh bangunan atap baja ringan yang ambruk di RSUD Ciamis, SD di Sukadana dan SD Sindangkasih karena saya khawatir banyak sekolah-sekolah yang atap baja ringannya sudah usia lama sudah mulai rapuh tapi tidak terkontrol dan tidak menjadi perhatian para pihak,” tuturnya mengingatkan.

Trian pun menyarankan, sebaiknya genting untuk atap baja ringan tidak memakai genting tanah atau genting beton ringan, karena bobot atap menjadi berat.

”Sebaiknya pakai genting baja ringan atau multi roof,” ujarnya menyarankan.

Sementara itu praktisi konstruksi baja ringan Muhammad Bar menjelaskan pemasangan baja ringan harus orang ahli dan bersertifikat.

“Intinya yang masang (baja ringan) yakni aplikator harus profesional dan punya sertifikat,” ujarnya. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.