Aturan E-Commerce Bakal Disahkan Akhir Bulan Ini

25
0
Loading...

JAKARTA – Akhir bulan ini, rencananya Presiden Jokowi bakal mensahkan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) e-commerce atau RPP tentang Transaksi Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (TPSE).

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Kreatif, Kewirausahaan dan Daya Saing Koperasi dan UKM Kemenko Perekonomian, Rudy Salahuddin menuturkan, RPP tersebut sebelumnya diajukan oleh Kementerian Perdagangan dan melalui pembahasan antar kementerian.

Terkait draft naskah RPP e-commerce, Rudy menuturkan tidak ada perubahan signifikan dari sebelumnya.

Dikatakan, saat ini aturan yang telah bergulir sejak 2015 itu sudah siap untuk diterapkan.

“Sudah selesai, tinggal menunggu waktu saja. Mestinya di November ini sudah terbit,” ujarnya, dilansir JawaPos.

Loading...

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, saat ini RPP e-commerce rencananya akan dikembalikan lagi kepada menteri terkait untuk diparaf.

Setelah itu, RPP tersebut akan dikembalikan lagi ke Sekretariat Negara untuk disahkan sebagai PP.

Sebelumnya, saat uji publik RPP e-commerce melalui FGD tahun 2015 digelar Kemendag, para pelaku industri sempat memberikan sejumlah masukan kepada Kemendag terkait naskah RPP e-commerce yang dianggap dapat menghambat pertumbuhan industri.

Setidaknya ada 5 perihal yang menjadi masukan dari para pelaku industri, sebagai pihak yang terkena dampak langsung dari regulasi tersebut.

Diantaranya (1) terkait dengan kejelasan batasan tanggung jawab pelaku usaha yang terlibat e-commerce, (2) kesetaraan penegakan aturan terhadap pelaku usaha yang berkedudukan di dalam wilayah dan luar negeri, (3) perihal kewajiban untuk memiliki, mencantumkan, dan menyampaikan identitas subjek hukum atau yang dikenal sebagai KYC (Know Your Customers), (4) perizinan berlapis yang dinilai dapat menghambat pertumbuhan industri e-commerce itu sendiri, serta (5) adanya beberapa bagian di RPP yang bertentangan dengan aturan hukum lainnya. (srs/JPC/pojoksatu)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.