Aturan Pilkades Harus Dibenahi

23
0

PANGANDARAN – Aturan dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilakdes) masih dianggap buram, terutama dalam aturan gugatan dan money politics.

Ketua KPU Kabupaten Pangandaran Muhtadin mengatakan perlu ada pembenahan aturan dalam pelaksanaan Pilkades untuk tahun berikutnya. ”Jangan sampai ada kebingungan saat peserta pemilu atau yang lainnya dalam melakukan tindakan pengaduan atau lain-lain, perlu ada penetapan regulasi yang jelas,” ujarnya kepada Radar, Selasa (10/12).

Regulasi yang dimaksud, menurut dia, harus lebih terperinci dan langsung mengenal pada substansi yang ada. ”Saya rasa aturan mengenai money politics dan juga penyelesaian sengketa harus diperjelas lagi,” katanya.

Khusus money politics, menurut Muhtadin, aturan dalam Pilkades memang hampir tidak ada. Padahal hal tersebut merupakan suatu hal yang sangat riskan sekali dalam penyelenggaraan Pilkades. ”Tata cara penyelesaian hukumnya harus jelas,” ujarnya.

Ia mengharapkan jika nantinya aturan Pilkades sudah jelas, maka pelaksanaan tahapan Pilkades lebih tertaur dan tidak timbul kecurigaan. ”Jangan sampai terdistorsi,” singkatnya. (den)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.