Aturan PPKM di Ciamis Lebih Longgar

33
0
prokes
prokes
Loading...

CIAMIS – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro lebih longgar dari pada sebelumnya. Hal itu diungkapkan Bupati Ciamis Dr H Herdiat Sunarya kepada Radar, Rabu (10/2/2021).

Kata Herdiat, memang ada beberapa poin yang lebih longgar dibandingkan PPKM sebelumnya. Seperti aturan bekerja di rumah atau (WFH) sekarang hanya 50 persen, padahal sebelumnya harus 75 persen.

“Kemudian pusat perbelanjaan dibatasi sampai pukul 21.00, sedangkan sebelumnya hanya sampai pukul 20.00,” katanya, menjelaskan.

Baca juga : Polres Ciamis Perketat Penerapan Prokes

Kemudian, kata dia, untuk pasar tradisional bisa beroperasi 100 persen sampai pukul 19.00 WIB. Sedangkan untuk kafe dan restoran dibatasi 50 persen dan tutup sampai jam operasional berakhir. Tempat ibadah mengatur jumlah jemaah 50 persen dari kapasitas.

loading...

“Lebih longgarnya PPKM tingkat kabupaten saat ini juga dampak dari PPKM mikro yang dilakukan di setiap desa. Tetapi masyarakat harus tetap menaati protokol kesehatan secara ketat, seperti memakai masker dan menjaga jarak serta hindari kerumunan,” ujarnya, menjelaskan.

Menurut dia, saat ini Kabupaten Ciamis sudah kembali turun status menjadi oranye dari merah. Akan tetapi, pembinaan, pengawasan dan pendisiplinanterhadap aktivitas masyarakat harus ditingkatkan.  Bahkan, penegakan disiplin juga tetap mengacu pada ketentuan pembatasan sosial berskala besar.

“Harapan dengan diberlakukannya PPKM dan PPKM mikro di desa dapat mengurangi penambahan kasus positif Covoid-19 di Kabupaten Ciamis,” ujarnya, menjelaskan.

Herdiat berharap masyarakat akan lebih disiplin dalam penerapan protokol kesehatan. Karena memang upaya penerapan protokol kesehatan ini harus bersama-sama, sehingga bisa cepat memutus mata rantai penyebaran corona di Ciamis. “Semoga Ciamis angka corona bisa menurun,” tuntasnya. (isr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.