Audiensi Belum Munculkan Solusi

39
0
Loading...

INDIHIANG – Lembaga Penyelamat Lingkungan Hidup Indonesia (LPLHI) Kota Tasikmalaya kembali melakukan audiensi dengan DPRD, Kamis (31/1). Namun demikian, belum ada titik temu tentang tindak lanjut dari penebangan pohon tersebut.

Ketua LPLHI Kota Tasikmalaya Asep Depo masih mempertanyakan perkara yang sama. Sampai sejauh ini belum terlihat tindak lanjut soal penebangan dua pohon tersebut.

“Kan harus ada tindakan tegas, menebang pohon di kawasan lindung tidak dianggap main-main,” ujar Asep.

Namun pihaknya menyayangkan karena saat ini kasus tersebut seakan mengambang. Pemerintah Kota Tasikmalaya maupun provinsi tidak terlihat upaya dalam menyikapi kasus tersebut. “Masa tidak ada hasilnya,” tuturnya mengkritik.

Pada kesempatan tersebut perwakilan Balai Pendayagunaan Sumber Daya Air (BPSDA) Ciwulan – Cilaki memaparkan pihaknya sudah melaporkan kejadian itu ke badan provinsi. Laporan itu pun sudah dikonfirmasi oleh pihak provinsi.

Menanggapi itu, LPLHI berencana akan menempuh jalur hukum, yang menurutnya, bisa memberikan titik terang. Dia berharap aparat bisa menyelidiki siapa pelaku penebangan tersebut.

“Mungkin kita yang harus langsung melaporkannya, supaya kasus tersebut tidak menguap begitu saja,” katanya.

Loading...

Anggota Komisi III DPRD Kota Tasikmalaya Wahid menerangkan sejauh ini pelaku penebangan masih belum diketahui. Dia berharap tidak ada saling menyalahkan satu sama lain.

“Sebelumnya ada tuduhan kepada pihak rumah makan , tap ikan katanya tidak,” tuturnya.

Kejadian penebangan pohon tersebut sudah diketahui oleh BPSDA Provinsi Jabar, selaku lembaga yang punya kewenangan di lahan tersebut. Pihaknya pun menyerahkan tindak lanjut kasus tersebut kepada instansi bersangkutan. “Kita tunggu saja perkembangannya seperti apa, mudah-mudahan pelakunya bisa ditemukan,” tuturnya.

Dalam audiensi tersebut, LPLHI mengajak berbagai LSM lainnya dan turut hadir di ruang rapat paripurna DPRD. Mereka diterima oleh Komisi III DPRD yang menghadirkan perwakilan instansi-instansi terkait. (rga)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.