Awal 2021, Warga Garut Siap di-Vaksin Covid-19

60
0

TAROGONG KIDUL – Puskesmas Cipanas di Kecamatan Tarogong Kaler mulai menyiapkan tempat penyimpanan vaksin Covid-19 yang rencananya akan didistribusikan pada awal tahun 2021.

Selain menyediakan fasilitas tempat, Puskesmas Cipanas juga mulai melatih tenaga kesehatan (nakes) untuk memberikan vaksin kepada masyarakat.

“Ada lima orang nakes yang dilatih untuk vaksinasi kepada masyarakat. Kita juga menyediakan tempat untuk menyimpan vaksinnya,” ujar Kepala Puskesmas Cipanas Khusnul Hotimah kepada wartawan, Selasa (1/12).

Khusnul mengatakan terkait pengiriman vaksin Covid-19, informasinya diperkirakan vaksin mulai didistribusikan ke daerah. “Kalau pelaksanaan (pemberian vaksin) kemungkinan sekitar awal tahun,” ujarnya.

Baca juga : Bupati Garut Rotasi & Mutasi 25 Pejabatnya

Di wilayah kerjanya, kata dia, cakupan untuk pemberian vaksin sekitar 2.000 orang. Mulai dari klinik, guru, ASN dan pemberi pelayanan umum, seperti pegawai hotel dan restoran.

“Itu yang akan kami vaksin di tahap pertama. Sudah kami data untuk diberikan vaksin di awal tahun nanti,” katanya.

Dia mengatakan pemberian vaksin akan dilakukan penjadwalan sesuai tempat kerjanya. Para tenaga kesehatan akan menyambangi masyarakat yang akan diberi vaksin sesuai protokol kesehatan. “Untuk nakes nanti bisa di Puskesmas, kalau pegawai hotel di tempatnya masing-masing. Prokes harus tetap dijaga,” ucapnya.

Rencananya, ada dua jenis vaksin yang akan diberikan. Yakni vaksin sinovac dari Biofarman dan sinopharm dari Kimia Farma.
Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Garut dr Tri Cahyo Nugroho mengatakan vaksin dan imunisasi adalah hal yang sama.

Vaksin bisa didefinisikan sebagai bibit penyakit berupa virus kuman yang mati atau sudah dilemahkan. “Kemudian disuntikan ke dalam tubuh yang dimaksudkan untuk mendapatkan respon antibodi,” katanya.

Menurutnya, vaksin bukan hal yang aneh. Saat masih bayi, pemberian vaksin sudah dilakukan, namun dengan istilah imunisasi.

Pemberian vaksin diharapkan bisa menghentikan wabah Covid-19 yang sudah melanda sejak Maret tahun ini. “Ketika diberikan sebuah vaksin harapannya tubuh itu kebal terhadap penyakitnya,” ucapnya.

Terkait vaksin corona, Tri berharap bisa segera diluncurkan ke publik dan disuntikkan secara massal. Masyarakat diminta bisa memahami fungsi pemberian vaksin dan manfaatnya untuk melindungi diri dan orang lain. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.