Awal Februari, 4.000 Vaksin Covid-19 Tiba di Kota Tasik

58
0
radartasikmalaya.com
ilustrasi vaksin covid-19

KOTA TASIK – Vaksin Covid-19 hari ini mulai dipergunakan secara nasional yang dimulai dengan disuntikan ke Presiden, Joko Widodo (Jokowi), Rabu (13/01).

Hal ini menjadi tands bahwa vaksin mulai didistribusikan ke daerah.

Khususnya di Kota Tasik sendiri, vaksin itu akan tiba pada awal Februari.

Hal itu seperti diungkapkan Kabid Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes, Asep Hendra Hendriana.

“Saat ini vaksin tersebut pendistribusiannya menurut pihak Pemprov Jabar diutamakan dulu untuk 6 atau 7 kabupaten kota (episentrum, Red),” katanya kepada radartasikmalaya.com, Rabu (13/01) sore.

“Daerah episentrum itu kalau ga salah Bandung Raya (Kota Bandung, Cimahi, Bandung Barat) dan Bogor, Depok, Bekasi,” sambungnya.

Terang dia, total quota vaksin untuk seluruh daerah di Jabar ini sebanyak 79 ribu dosis.

Untuk daerah di luar episentrum seperti Kota Tasik, dapat pendistribusin vaksin ini pada termin kedua.

“Kira-kira di bulan Februari sampai ke Kota Tasik. Jumlahnya untuk quota Kota Tasik sebenarnya masih menunggu dari Pemprov Jabar,” terangnya.

Beber dia, jika dilihat dari surat Kemenkes sudah muncul quota untuk Kota Tasik berdasarkan data yang tercatat di sistem informasi sumber daya kesehatan, untuk 4.000 orang.

“Yang tahap pertama termin kedua ini hanya akan memvaksin sebanyak 2.000 nakes. Jadi belum semuanya, baru sebagian. Itu untuk nakes di Kota Tasik,” bebernya.

Biasanya, tambah dia, nanti ada surat resmi lanjutan dari Dinkes Pemprov Jabar yang menyatakan jumlah realnya untuk turun ke Kota Tasik masuk pada tahap pertama pendistribusian tapi termin kedua.

“Jadi ya sekitar 2000 dosis vaksin untuk 2 kali suntikan para nakes kita, jadi yang akan turun di awal adalah 4000 dosis vaksin,” tambahnya.

Karena, jelas Asep, 1 orang nakes harus mendapatkan 2 kali suntikan vaksin 14 hari kemudian. “Jadi kalau saya lihat di lampiran surat Kemenkes seperti itu,” jelasnya.

(rezza rizaldi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.