Awalnya Hobi Tanaman, Jadi Bisnis IRT Warga Ciawi Tasik

61
0
INDAH. Ambu Ani menunjukkan tanaman hias kaktus yang dikoleksi dan dijual di halaman rumahnya, Selasa (2/2/2021). RADIKA ROBI RAMDANI/RADAR TASIKMALAYA
Loading...

CIAWI – Pandemi Covid-19 tidak membuat semua orang menjadi malas. Namun, masih ada yang kreatif memutar otak untuk mencari penghasilan dengan tetap berada di rumah. Seperti Ambu Ani, warga Desa Pasirhuni Kecamatan Ciawi yang menyulap pekarangan rumahnya menjadi kebun tanaman hias.

“Awalnya senang tanaman hias, biasa ibu rumah tangga mengisi waktu. Sebetulnya sebelum pandemi juga sudah belajar membudidayakan tanaman hias ini. Setelah itu mulai banyak saudara yang meminta,” ujarnya kepada Radar, Selasa (2/2).

Setelah banyak yang tertarik, Ani memberanikan diri menjualnya. Berbagai macam tanaman hias seperti kaktus, bunga dan lainnya tersedia di halaman rumahnya.

Baca juga : 63 Rumah Warga Kota Tasik Tertimpa Bencana

“Alhamdulillah bisnis yang hanya berawal dari hobi ini bisa meraup omzet jutaan rupiah per bulannya. Bentuknya yang unik dan perawatan tak terlalu sulit menjadikan tanaman khas ini banyak diburu,” katanya.

loading...

Kata Ani, dia lebih fokus dalam budidaya kaktus yang sudah digelutinya sejak 2017 lalu. Namun, baru-baru ini melangkah kepada jual beli, karena memang belakangan ini sedang ramai tanaman hias. “Berbagai ukuran dan jenis tersedia,” ujarnya, menjelaskan.

Setiap hari, kata dia, ketika diunggah ke media sosial selalu banyak respons. Mulai dari yang sekadar bertanya, bahkan sampai membeli. “Karena kaktus mini harganya terjangkau, mulai dari puluhan ribu sampai ratusan ribu,” ujarnya. (obi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.