AWAS! Kota Tasik Rawan Pohon Tumbang

40
0
Loading...

Pemerintah Kota Tasikmalaya pun ikut siaga bencana alam. Untuk itu, masyarakat Tasikmalaya pun diminta waspada dengan cuaca tidak menentu yang terjadi saat ini.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya H Ucu Anwar mengatakan pihaknya pun melakukan siap siaga bencana. Tidak dipungkiri cuaca di Kota Tasikmalaya saat ini cukup rawan. “Karena saat ini terjadi anomali cuaca,” ungkapnya kepada Radar, Rabu (20/1).

Beberapa potensi yang diwaspadai yakni banjir dan tanah longsor. Namun hembusan angin kencang pun tidak bisa disepelekan karena bisa mengakibatkan pohon tumbang dan rumah roboh. “Cuaca cerah pun saat ini anginnya cukup kencang,” katanya.

Ada pun upaya yang dilakukan BPBD yakni menyiapkan SDM petugas serta sarana yang diperlukan. Supaya ketika terjadi bencana, petugas dan relawan bisa langsung bekerja.

Baca juga : Warga Indihiang Bawa Kabur dan Gadaikan Motor Teman, Ditangkap Polisi di Salopa Tasik

loading...

“InsyaaAllah kita siap sedia ketika ada laporan bencana,” ujarnya.
Dalam hal mitigasi, pihaknya juga mengimbau masyarakat baik di lingkungan dengan kontur tanah bertebing, banyak pepohonan dan juga pemukiman padat yang rawan banjir. “Apalagi yang dekat tebing, kalau sedang hujan deras ada baiknya mengungsi dulu,” tuturnya.

Namun demikian dia tetap berharap khususnya masyarakat Kota Tasikmalaya dan sekitarnya senantiasa dilindungi dari bencana. Karena pada prinsipnya tidak ada yang menginginkan datangnya bencana.

“Semoga Kota Tasik tetap aman dari bencana,” katanya.
Di Kota Tasikmalaya sendiri bencana alam bukan hal baru, khususnya untuk yang kategori ringan. Sepanjang tahun 2020, BPBD Kota Tasikmalaya melakukan penanganan 140 kejadian bencana.

Bencana yang terjadi yakni banjir, longsor, gerakan tanah, gempa bumi, tersambar petir dan cuaca ekstrem. Akibat dari bencana yang terjadi, tercatat ada 227 rumah warga mengalami kerusakan dan 27 fasilitas umum. (rga)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.