AWAS! Lubang Besar Menganga di Jembatan Cintaratu Pangandaran

78
0
Istimewa. BOLONG. Jembatan di Cintaratu Parigi bolong dan sangat membahayakan pengguna jalan.
Istimewa. BOLONG. Jembatan di Cintaratu Parigi bolong dan sangat membahayakan pengguna jalan.

PANGANDARAN – Jembatan di Jalan Raya Cintaratu Dusun Cintaratu Desa Cintaratu Kecamatan Parigi mengalami kerusakan, diduga karena sering dilewati angkutan yang melebihi tonase.

Salah seorang warga Andi (40) mengatakan bahwa di jembatan tersebut saat ini terdapat lubang yang diameternya cukup lebar dan cukup dalam, sehingga dianggap sangat membahayakan pengguna jalan.

“Ini sudah satu minggu, tapi seperti ada pembiaran,” katanya kepada Radar saat dihubungi, Selasa (20/10).

Kata dia, jika dibiarkan terlalu lama dikhawatirkan diameter lubang itu akan semakin lebar. “Apalagi saat musim hujan seperti ini,” kata dia.

Baca juga : Cuaca Buruk, Warga Pangandaran Diminta Tingkatkan Waspada

Lanjutnya, puluhan dump truck kerap melintasi jembatan tersebut, hal itu diduga menjadi penyebab kerusakan jembatan. “Banyak yang suka lewat mengangkut batu cubluk ke sini, jadi tak heran kalau rusak,” jelasnya.

Kata dia, untuk mengantisipasi kecelakaan di jembatan itu, warga berinisiatif menutup lubang dengan pohon kelapa. “Supaya tidak ada yang menginjak lubang itu, bahaya,” tuturnya.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum, Tata Ruang, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PUTRPRKP) Kabupaten Pangandaran Nanang mengaku saat dikonfirmasi berjanji akan memperbaiki jembatan itu. “Sekitar 2-3 hari ke depan jembatan tersebut akan diperbaiki,” ungkapnya.

Kata dia, perbaikan jembatan itu sudah ada draf RAB-nya, jadi tidak lama lagi akan diperbaiki. “Hanya saja saya sedang koordinasi dengan pihak penyedia barang yang akan mengerjakan perbaikan jembatan tersebut,” ujarnya.

Kata dia jembatan itu juga akan diperlebar, karena sering dilewati oleh truk besar. “Paling yang bolong diperbaiki dan fondasi yang sebelahnya akan kita geserkan supaya jembatan jadi leluasa,” pungkasnya. (den)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.