AWAS! Sudah Muncul Kasus Reinfeksi Covid-19 di Kota Tasik

1000
0

 

KOTA TASIK – Pandemi Covid-19 di Kota Tasikmalaya masih terus terjadi. Kamis (05/11) sore, sudah muncul kasus baru yang dalam dunia medis disebut Reinfeksi.

Reinfeksi ini artinya, sudah sembuh dari Covid-19 kemudian tertular kembali.

Ya, ini seperti yang dialami oleh salah satu pasien terkonfirmasi positif Covid dan Rabu (04/11) malam, meninggal dunia.

Pasien Covid-19 hingga meninggal dunia ada 2 orang. Warga Kota Tasik itu kebetulan dirawat di rumah sakit swasta yang sama.

Pasien yang mengalami reinfeksi Covid-19 itu berjenis kelamin pria, warga Kecamatan Tawang. Statusnya Reinfeksi.

Sedangkan seorang pasien lagi yang meninggal dunia tadi malam, sama berjenis kelamin pria, warga Tamansari, namun probable statusnya.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes), Uus Supangat membenarkan, bahwa tadi malam ada 2 pasien yang meninggal dunia.

Namun hanya seorang saja yang diinput data ke Mikotas meninggal dunia terkonfirmasi positif Covid.

“Tadi malam ada 2 orang yang meninggal. Tapi yang report positif Covid hanya 1 orang. 1 orang lagi probable, atau hasil uji labnya belum turun,” katanya kepada radartasikmalaya.com, Kamis (05/11) sore.

“Nah yang masuk report itu yang sudah diketahui hasil PCR-nya positif. Sedangkan yang probable sampai hari ini belum keluar hasil pemeriksaannya. Makanya statusnya probable jadi kita tidak memasukannya ke kematian yang terkonfirmasi positif,” sambungnya.

Terang dia, karena probable proses pemakamannya tetap memenuhi protokol kesehatan Covid-19.

Jadi kedua jenazah ini dimakamkan dengan protokol Covid.

Hanya saja, yang terkonfirm positif ini menjadi perhatian kita. Karena dia reinfeksi.

Jadi sejak Oktober lalu sudsh dinyatakan sembuh. Karena diawal bulan itu sempat sakit Covid kemudian sembuh,” terangnya.

Kemudian, beber dia, yang bersangkutan melakukan perjalanan ke luar negeri lalu pulang ke tanah air, dan tertular Covid lagi.

Lalu yang bersangkutan relab (uji lab ulang) dan reinfeksi saat memeriksakan diri.

“Beberapa hari lalu masuk rumah sakit lagi dan hasilnya kembali positif. Nah ini membuat kita harus hati-hati. Karena sudah mulai ada kasus reinfeksi Covid-19,” bebernya.

Uus menambahkan, kasus reinfeksi ini di Kota Tasik hal adalah hal yang baru dan terjadi di pasien ini, serta kebetulan pasien ini dengan sangat menyesal pada akhirnya meninggal dunia.

“Makanya ini jadi perhatian kita semua betapa pentingnya menjalankan protokol kesehatan. Dan juga sekarang yang namanya kluster keluarga sudah sporadis dan terjadi di mana saja,” tambahnya.

Apalagi, jelas Uus, sebagian besar di kluster-kluster keluarga itu terkonfirmasi asimtomatik atau dulu disebut Orang Tanpa Gejala (OTG). Maka ini sudah terjadi di mana saja.

“Makanya jangan kendor untuk menerapkan 3M. Dan ada hal penting lainnya diharapkan kita apabila berpergian ke luar masum daerah untuk segera memeriksakan diri. Agar cepat diantisipasi jika terkonfirmasi Covid dan tak menimbulkan kluster keluarga,” jelasnya.

Berdasarkan data pihaknya hingga Kamis Sore total kasus terkonfirmasi positif Covid adalah 439 kasus.

Dengan penambahan kasus positif 3 orang, 3 orang sembuh dan 1 orang meninggal dunia.

(rezza rizaldi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.