Awas Terperosok di Jembatan Gobang!

50

PURBARATU – Jembatan Gobang yang menghubungkan Kota dengan Kabupaten Tasikmalaya tepatnya di perbatasan Purbaratu—Manonjaya rusak. Pengguna jalan harus berhati-hati bila melintas jembatan peninggalan Belanda tersebut.

Jumat (11/1), alas papan di jembatan besi itu tersisa separuh. Separuhnya lagi sudah tiada. Akibatnya jembatan ini hanya bisa dilalui satu kendaraan roda empat.

Camat Purbaratu Odang Saepudin menyatakan masyarakat setempat banyak yang mengeluhkan kerusakan jembatan Gobang. Jembatan di atas Sungai Cikalang ini merupakan akses penting warga Purbaratu yang ingin bepergian ke Manonjaya. “Kalau jembatan itu sampai tidak bisa dilewati, maka warga harus memutar lebih jauh,” terangnya kepada Radar.

Jembatan Gobang bermanfaat banyak bagi masyarakat, baik dari aspek ekonomi maupun pendidikan. “Karena ada warga yang belanja ke pasar, terus anak yang sekolah ke Manonjaya juga,” ungkapnya.

Odang sudah mengajukan perbaikan jembatan tersebut. Namun, sampai saat ini usulannya belum terealisasi. Apalagi, perawatan jembatan penghubung dua daerah itu merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat. “Tapi alhamdulillah, pemkot sudah menyertakan dalam pengajuan hibah ke provinsi,” tuturnya.

Dia tidak mengetahui pasti kapan bantuan perbaikan jem­batan itu turun. Realisasi pengerjaan proyeknya ada di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tasikmalaya yang akan melibatkan Pemerintah Kabu­paten (Pemkab) Tasikmalaya. “Saya harap bisa secepatnya,” terangnya.

Saat ini, kata dia, jembatan Gobang masih bisa dilintasi. Namun, para pengguna jalan harus berhati-hati. “Jangan sampai terperosok apalagi terjatuh,” imbaunya. (rga)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.