Awasi Pemilu, Bawaslu Menggandeng Warga

6

TAROGONG KIDUL – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Garut akan mengajak berbagai kelompok masyarakat untuk mengawasi pelaksanaan Pemilu 2019. Hal tersebut diungkapkan Ketua Bawaslu Kabupaten Garut Hj Ipa Hafsiah Yakin.

“Kami akan libatkan masyarakat dalam pengawasan Pileg (Pemilihan Legislatif) dan Pilpres (Pemilihan Presiden) dari mulai tahapan sampai pelaksanaan,” ujar dia di kantornya Selasa (27/11).

“Dengan melibatkan masyarakat dalam pengawasan ini bisa meminimalisir potensi adanya kecurangan yang terjadi,” tambahnya.

Ipa mengatakan selama ini masyarakat hanya menjadi subjek dalam proses Pemilu. Tetapi saat ini pihaknya mengajak masyarakat sebagai pengawasan partisipatif untuk mewujudkan warga negara yang aktif dalam mengikuti perkembangan pembangunan demokrasi.

“Pemilu bukanlah sekadar ajang seremonial politik belaka yang mengesam­pingkan partispasi politik masyarakat,” terangnya.

Dengan dijadikan pengawas partisipatif, kata dia, akan menjadi sarana pembelajaran politik yang baik bagi masyarakat.

“Jadi ma­sya­rakat dapat mengikuti dinamika politik dan secara tidak langsung belajar tentang penyeleng­ga­ra­an Pemilu,” te­rang­nya. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.