Awasi Pemilu, Panwas Gandeng Santri

127
ilustrasi

CIAMIS – Panwaslu Kabupaten Ciamis kembali menyosialisasikan pentingnya pengawasan partisipatif dalam pemilu kepada 100 orang santri di Hotel Tyara Plaza Rabu sore (6/12). Ketua Panwaslu Kabupaten Ciamis Uce Kurniawan SPdI mengatakan Panwas berupaya menggandeng semua elemen masyarakat untuk memperketat pengawasan selama pemilu.
“Maksud dan tujuan kami tidak lain mengajak para santri untuk bersama-sama melakukan pengawasan terhadap Pilkada, Pilgub, Pileg dan Pilpres,” ungkapnya usai sosialisasi kemarin.
Setelah sosialisasi beres, lanjutnya, akan dibentuk komunitas santri pengawas pemilu. Tugas mereka adalah membantu Panwaslu mengawasi jalannya pemilu. “Makanya santri juga akan dibekali pemahaman, apa saja yang dimaksud pelanggaran, apa saja yang jangan dilakukan oleh para paslon, apa yang harus dilakukan oleh santri bila menemukan pelanggaran. Mereka (akan) diberitahu semuanya,” jelasnya.
Selama melakukan pengawasan, kata dia, para santri bisa langsung melapor kepada Panwascam maupun Panwaslu apabila menemukan pelanggaran. Laporan yang diterima adalah laporan yang sesuai fakta dan didukung bukti-bukti serta saksi, sehingga lebih akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. “Tentunya kita juga akan mengkroscek kebenarannya. Jadi kita benar-benar melakukan sesuai perundang-undangan dan kita bekerja akan selalu profesional,” tuturnya.
Dewan Guru di Pesantren Darussalam Kabupaten Ciamis Ebeg Saepurrohman menyebut pelibatan santri dalam pengawasan pemilu memiliki peran strategis. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.