Ayo Gebyarkan Pelaksanaan Tasikmalaya October Festival (TOF)

18
PERSIAPAN. Pemerintah Kota Tasikmalaya memantapkan rencana kegiatan rangkaian Hari Jadi Kota Tasikmalaya di Aula Bale Kota, Senin (8/10).

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

BUNGURSARI – Pelaksanaan Tasikmalaya October Festival (TOF) di sepanjang Jalan HZ Mustofa pada 13-16 Oktober akan dimeriahkan berbagai event. Seperti Pameran Tasik Kreatif (PTK), Tasikmalaya Food Culinary (TFC), Rapat Koordinasi (Rakor) Komisariat Wilayah (Komwil) III Asosiasi Pemerintahan Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) dan kegiatan lainnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tasikmalaya H Ivan Dicksan mengajak warga turut memeriahkan rangkaian kegiatan TOF untuk menumbuhkembangkan potensi ekonomi kreatif daerah. Event ini juga bagian dari Hari Jadi Kota Tasikmalaya. “Terutama pemilik toko di jalan raya diharapkan bisa ikut menyemarakkan HUT Kota Tasik, memasang umbul-umbul, mengecat atau membersihkan toko. Sebab, nanti banyak tamu dari luar yang akan hadir ke Tasik,” ujarnya usai Rapat Persiapan Hari Jadi Kota Tasikmalaya, TOF, Rakor Komwil Apeksi dan Kunjungan Delegasi Jepang di Aula Bale Kota, Senin (8/10).

Untuk Rakor Komwil III Apeksi akan dilaksanakan di Hotel Grand Metro 13-14 Oktober. Rakor ini akan dihadiri 24 wali kota se-Indonesia. Dalam momen ini ada penandatanganan Letter of Intent (LOI) Bidang Ketenagakerjaan dengan Pemerintah Kota Okayama Jepang. “Kita harap partisipasi masyarakat bisa kelihatan kalau kita sedang hajatan, mau buat ucapan selamat atau hadiri kegiatan gelar budaya dan lain sebagainya,” terang Ivan yang juga Ketua Pelaksana TOF.

Segala persiapan untuk memeriahkan TOF sudah dilaksanakan oleh organisasi perangkat daerah (OPD) terkait. Apabila ada kebutuhan-kebutuhan berkaitan teknis kegiatan bisa berkoordinasi di Sekretariat TOF di Bagian Ekonomi Setda. “Saya juga mohon maaf ke masyarakat sebab selama TOF kemungkinan terjadi pengalihan arus lalu lintas yang berdampak adanya penumpukan kendaraan di ruas jalan tertentu,” ungkap Ivan

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Tasikmalaya Aan Hadian mengatakan TOF tahun ini memiliki beberapa perbedaan dibandingkan sebelumnya. “Tahun ini ada delegasi dari Jepang yang kebetulan sedang di Tasikmalaya,” terangnya.

Menurutnya, sekitar 32 sanggar seni dan budaya lokal disiapkan demi memeriahkan TOF. Semua akan diakomodasi di tiga panggung yang ditempatkan di tiga titik sepanjang Jalan HZ Mustofa. “Pertunjukan seni dan budaya sudah disiapkan untuk menghibur pengunjung di TOF nanti,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Sub Bagian Pengendalian Operasional Polres Tasikmalaya Kota Dian Susila sudah menyiagakan 215 personel untuk mengamankan TOF. “Dari laporan TOF tahun lalu, beberapa laporan terkait aksi pencopetan terjadi di sana. Kami akan menerapkan pengamanan tertutup demi menekan hal tersebut,” kata dia. (igi)

 

loading...