Ayo, Kita Kawal Pemilu dan Pilpres!

10

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

PARIGI – Masyarakat Padaherang diajak untuk menjadi pengawas partisipatif dalam proses penyelenggaraan pemilu tahun 2019, baik itu dalam pemilihan legislatif maupun pemilihan presiden.

Ketua Panwaslu Kecamatan Padaherang Rohimat Rosidana, siap mengakomodir peran serta masyarakat luas dalam melakukan pengawasan pemilu di Padaherang. ”Terbitnya Undang-Undang No 7 tahun 2017 tentang Pemilu, memberikan warna baru dalam penyelenggaran pemilu di Indonesia, dimana masyarakat bisa terlibat sebagai pengawas partisipatif,” ujarnya saat dihubungi Radar, Minggu (21/10).

Menurutnya, dengan jumlah anggota Panwaslu maupun Bawaslu yang begitu terbatas, keterlibatan masyarakat dalam pengawasan sangat begitu penting.”Sehingga pelaksanaan pemilu yang jurdil bisa terwujud,” tuturnya.

Selain jadi pengawas pemilu, masyarakat juga bisa terlibat dalam mengedukasi pemilih dalam memilih calon dan pasangan dalam pemilu. ”Bersama –sama membahas visi misi dan program dari kandidat, memberikan suara sebagai pemilih, menghindari golput, serta terlibat sebagai relawan pemilu,” katanya.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Pangandaran Gaga Abdilah Sihab, peran dari semua elemen masyrakat dalam pengawasan pemilu sangatlah diharapkan.”Dengan harapan proses demokrasi yang akan dilaksanakan berjalan sesuai dengan prinsip demokrasi agar pemilu semakin berkualitas,” jelasnya.

Apalagi, kata Gaga, personil serta daya dukung dan kewenangan panwaslu saat ini begitu terbatas. ”Maka diharapkan kepada seluruh warga Padaherang agar selalu bersinergi dengan Panwaslu, melakukan pengawasan dalam tiap tahapan pemilu yang akan datan,” singkatnya.

Menurutnya, sosialisasi pengawasan pemilu partisipatip kepada seluruh elemen masyarakat di Kecamatan Padaherang telah dilaksanakanaakan pada Jumat (19/10). ”Diharapkan rekan di Panwascam Padaherang bisa bekerja secara maksimal dalam melakukan pengawasan,” ucapnya.(den)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.