Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

3.5%

19.8%

7.7%

69%

Babinsa Desa Karyamukti Kota Banjar Sukses Budidaya Jamur

58
0
KUNJUNGAN. Danrem 062/Tarumanegara Kolonel Inf Muhamad Muchidin S.Sos mendengarkan paparan dari Sertu Hendar di rumahnya, Rabu (9/9). Sertu Hendar sukses membudidayakan jamur tiram. Anto Sugiarto / Radar Tasikmalaya
KUNJUNGAN. Danrem 062/Tarumanegara Kolonel Inf Muhamad Muchidin S.Sos mendengarkan paparan dari Sertu Hendar di rumahnya, Rabu (9/9). Sertu Hendar sukses membudidayakan jamur tiram. Anto Sugiarto / Radar Tasikmalaya

BANJAR – Komandan Korem (Danrem) 062/Tarumanegara Kolonel Inf Muhamad Muchidin S.Sos didampingi Ketua Koorcab Rem beserta rombongan melakukan kunjungan kerja ke Kota Banjar Rabu (9/9). Mereka mengunjungi tempat budidaya jamur tiram di rumah Sertu Hendra, Babinsa Desa Karyamukti di Dusun Waringinsari Desa Waringinsari Kecamatan Langensari.

Danrem bersyukur ada prajurit TNI yang bergerak membudidayakan jamur tiram di lahan pekarangan rumahnya. Itu membantu menjaga ketahanan pangan yang dicanangkan pemerintah.

“Saya bangga dan iri sebenarnya karena Babinsa saya Sersan (Satu) Hendar sudah memiliki usaha dan karyawan sendiri. Belum tentu bisa, patut dicontoh oleh prajurit lainnya di Kodim,” ujarnya didampingi Forkopimda Kota Banjar.

Tujuan kedatangan rombongan yaitu untuk memberi semangat kepada Sertu Hendar dan memotivasi prajurit lain. Karena Sertu Hendar sukses melakukan budidaya jamur tiram. Dia melibatkan istrinya hingga bisa mandiri.

Mereka juga mampu memberdayakan ekonomi masyarakat setempat dan mempekerjakannya sebagai karyawan. “Tentu hal ini berdampak pada peningkatan ekonomi serta mengurangi pengangguran,” tutur perwira yang pernah menjabat Dandim 0612 Tasikmalaya ini.

Baca juga : Pemkot Banjar Mulai Usulkan Pencairan DID Rp11,9 M ke Pusat

Wali Kota Banjar Hj Ade Uu Sukaesih kaget dan baru tahu ada anggota Babinsa yang sukses melakukan budidaya jamur tiram dan mengolahnya menjadi jamur krispi. “Ini salah satu peluang meningkatkan ketahanan pangan dan juga ekonomi masyarakat,” tandasnya.

Pemerintah Kota Banjar, kata wali kota, akan mendukung upaya peningkatan produksi jamur tiram Sertu Hendar. Pihaknya akan melakukan pendampingan melalui pendampingan dinas terkait. “Dengan harapan produksinya bisa lebih meningkat lagi,” ujarnya.

Pembudidaya jamur tiram, Sertu Hendar mengaku membudidayakan jamur tiram sejak 2015. Setiap tahunnya usahanya terus meningkat. Dia dibantu istri dan tetangganya. “Alhamdulillah segini juga sudah menghasilkan dan mempekerjakan warga sekitar dari pada nganggur di rumah,” ujarnya. (nto)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.