Bacaleg Sudah Curi Start Kampanye

2
BAHAS BACALEG. Komisioner Bawaslu Kabupaten Ciamis saat bersilaturahmi di Aula Bawaslu, Senin (20/8). (Iman S Rahman/radartasikmalaya.com)

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

CIAMIS – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Ciamis banyak menemukan bakal calon legislatif (bacaleg) yang sudah kampanye sebelum waktunya.

Mereka mengenalkan diri di spanduk dan media sosial (medsos) seraya mencantumkan nomor urut, logo partai dan ajakan.

Ketua Banwaslu Kabupaten Ciamis Uce Kurniawan bacaleg yang kampanye sebelum waktunya hampir merata dari semua partai.

Mereka sudah menyosialisasikan diri melalui spanduk dan medsos dengan mencantumkan nomor urut, logo partai serta ajakan.

Padahal, Daftar Calon Sementara (DCS) belum ditetapkan menjadi Daftar Calon Tetap (DCT).

“Kami ingatkan lagi, Bacaleg baru bisa kampanye lengkap setelah DCT diumumkan KPU dan tanggal 23 September baru bisa,” papar Uce kepada wartawan di Aula Bawaslu Kabupaten Ciamis di Jalan KH Ahmad Dahlan, Senin (20/8).

Menurut dia, bila bacaleg berkampanye sebelum waktunya itu melanggar UU No 7 Tahun 2017 tentang Pemilu dan PKPU No 20 Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota DPR, DPD dan DPRD. Bila mereka terbukti melanggar bisa dipidana atau dicoret dari pencalegan.

Maka dari itu, upaya yang dilakukan oleh Bawaslu adalah menyosialisasikan mekanisme kampanye kepada semua parpol. Baik itu berkampanye di medsos, maupun lainnya.

“Kita akan melakukan pendekatan dulu sebelum ke tindakan. Salah satunya mengimbau bahwa kampanye bacaleg sifatnya DCS belum bisa seenaknya mencantumkan parpol, nomor urut, foto atau ajakan,” tegasnya.

Partai politik (parpol), kata dia, juga jangan sampai pura-pura tidak tahu aturan mengenai larangan kampanye sebelum penetapan DCT.

“Kami berharap semua bisa menjaga kondusivitas serta bisa menaati aturan kampanye bersama-sama baik parpol atau bacaleg,” tuturnya. (isr)

loading...