Bagaimana Menjaga Diri Agar Tetap Bugar dan Sehat Dalam Pandemi Ini

150
0
radartasikmalaya.com
ilustrasi covid-19/ radartasikmalaya.com

 Kondisi pandemik saat ini sangat berdampak pada hampir semua aspek kehidupan kita. Dari mulai aspek pekerjaan yang kini semakin difokuskan untuk bekerja dari rumah atau work from home, anjuran pemerintah untuk berada “di rumah aja”, hingga aspek pendidikan yang saat ini diberlakukan pembelajaran jarak jauh. Ditambah lagi dengan adanya PSBB yang harus kita patuhi.

Semua perubahan tersebut mau tidak mau dapat memicu stres yang dapat berakibat fatal terhadap kesehatan tubuh. Kita harus menjaga kondisi tubuh agar tetap fit dan tidak gampang sakit. Berikut adalah tips yang perlu Anda ketahui untuk menjaga diri agar tetap bugar dan sehat selama masa pandemi.

Menu Makanan yang Seimbang

Karena lebih lama berada di rumah, banyak dari kita yang tergoda untuk makan cemilan lebih banyak dan sering. Namun perhatikan bahwa terlalu banyak gula atau kalori dalam menu makanan yang kita konsumsi juga tidak baik untuk kesehatan.

Terlalu banyak gula dan kalori apalagi jika tidak diimbangi dengan latihan fisik dapat menyebabkan obesitas. Tentunya Anda ingin bentuk tubuh dan berat badan tetap stabil, kan.

Jadi ingatlah untuk mengkonsumsi menu makanan yang seimbang. Perhatikan kadar gula dan kalori. Pastikan menu makanan Anda memiliki serat dalam jumlah yang cukup.

Perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin. Dengan mengkonsumsi menu makanan seimbang, kondisi dan daya tahan tubuh Anda menjadi lebih baik.

Sepeda Gunung

Bermain sepeda gunung dapat meningkatkan kesehatan fisik dan psikis kita. Saat Anda merasa penat dengan suasana kota, pilihlah medan di area pedesaan yang masih asri dan dengan udara yang lebih segar.

Untuk melakukan olahraga ini, tentu saja pertama Anda harus memiliki sepeda gunung. Cek di sini untuk beberapa rekomendasi sepeda yang bagus.

Tetap protokol protokol kesehatan dan kebersihan diri. Dan jangan lupa memakai perlengkapan untuk bersepeda seperti helm, sarung tangan, dan sepatu olahraga. Pastikan juga Anda membawa bekal air minum yang cukup dan perlengkapan P3K untuk jaga-jaga.

Bermain sepeda gunung selain untuk menjaga kesehatan fisik dengan gerak yang aktif, juga baik untuk meredakan stres. Bersepeda dengan menikmati pemandangan alam dan udara bersih serta medan yang memicu adrenalin tentunya akan membuat kita tetap bugar dan sehat selama pandemi ini.

Kelas Yoga Online

Jika Anda ingin tetap bugar namun masih ragu untuk melakukan aktivitas di luar rumah, cobalah ikuti kelas yoga online.

Melakukan yoga di rumah akan membuat tubuh Anda semakin bugar. Sedikit peregangan dan meditasi yang dilakukan saat yoga juga baik untuk meredakan stres dan menjaga kesehatan tubuh. Jadi, tetap berada di rumah bukan alasan untuk tidak melakukan aktivitas fisik untuk menjaga kebugaran tubuh.

Jika Anda enggan memakai aplikasi yang berbayar, video tutorial atau video kelas yoga ada yang dapat Anda akses dengan gratis di YouTube. Jika Anda belum pernah mencoba yoga sebelumnya, carilah video untuk pemula dengan gerakan yang cukup sederhana. Setelah Anda teratur melakukan yoga, tubuh Anda akan lebih lentur dan mudah mengikuti panduan gerakan yoga dari video.

Suplemen Kesehatan

Salah satu cara untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh selama pandemi adalah mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh agar lebih fit dan tidak gampang sakit. Untuk melengkapi kebutuhan nutrisi, Anda dapat mengkonsumsi suplemen atau vitamin.

Minumlah suplemen sesuai dengan dosis yang dianjurkan, karena terlalu banyak mengkonsumsi vitamin juga dapat berefek buruk pada organ dalam tubuh. Saat ini suplemen yang berasal dari bahan herbal juga semakin banyak diminati. Pastikan suplemen yang Anda konsumsi aman dan efektif untuk menjaga daya tahan tubuh terhadap virus.

Tidur yang cukup

Yang dimaksud dengan tidur yang cukup adalah memiliki waktu tidur yang tidak terlalu singkat dan tidak berlebihan. Memiliki tidur yang cukup dapat menjadi sulit dilakukan bagi sebagian orang, misalnya para petugas kesehatan yang menjadi semakin sibuk di masa pandemi ini.

Namun cobalah untuk tidur selama 6 hingga 8 jam setiap harinya. Kekurangan atau kelebihan tidur memiliki efek yang buruk bagi kebugaran dan kesehatan tubuh.

Itulah beberapa cara untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh di masa pandemi ini. Dengan adanya PSBB, jangan lupa untuk menjadwalkan komunikasi virtual dengan teman-teman atau saudara untuk meredakan stres Anda. Jaga selalu kesehatan Anda, bukan hanya untuk Anda sendiri, tetapi juga untuk orang-orang tersayang di sekitar Anda. (*)

 

 

 

 

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.