Bagi Pemkot, PPPK Itu Berat

110
0

BUNGURSARI – Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya belum menyiapkan anggaran untuk gaji pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Sumber anggarannya pun belum ada.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tasikmalaya Drs H Ivan Dicksan menerangkan sejauh ini belum ada keputusan tentang sumber dana untuk penggajian PPPK. Maka dari itu, masalah ini masih menjadi perdebatan. “Belum ada keputusan apa dari APBN atau dari APBD,” kata dia kepada Radar, Rabu (30/1).

Ivan menyatakan bagi pemkot, pembayaran gaji untuk PPPK cukup memberatkan karena dana yang harus disiapkan tidaklah kecil. Apalagi gaji dan tunjangan PPPK setara dengan pegawai negeri sipil (PNS). “Rata-rata pemerintah daerah memang keberatan,” tutur dia.

Apabila pemerintah pusat memutuskan sumber gaji PPPK dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), pemkot akan mengupayakannya. Hanya saja anggaran di kegiatan lain yang bersifat tidak urgen akan dikurangi atau dihilangkan. “Ya paling kita ambil dari anggaran yang biasanya untuk kegiatan-kegiatan,” tuturnya.

Selain itu, menurut dia, bila dalam waktu dekat ini keputusan sumber gaji PPK sudah ada, pemerintah akan mengalokasikannya pada APBD perbuahan. Tidak pada APBD murni karena untuk tahun ini sudah diketuk. “Di APBD murni tidak ada anggaran untuk penggajian PPPK,” ujar dia.

Sementara ini, pemkot belum bisa membuka rekrutmen PPPK yang digadang-gadang sebagai solusi alternatif untuk mengangkat honorer berusia di atas 35 tahun itu. (rga)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.