Panitia Teknis Segera Dibentuk untuk Bahas Mekanisme Pemilihan

Bahas Wabup, Dewan Rapat Tertutup

50
0

SINGAPARNA – Unsur pimpinan dewan dan fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Tasikmalaya melakukan rapat tertutup untuk membahas pengisian wakil bupati (wabup), Jumat (13/12). Hasil rapat tersebut merekomendasikan fraksi untuk mengirimkan perwakilan ke dalam panitia teknis (pantek).

Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya Asep Sopari Al Ayubi SP membenarkan adanya rapat tertutup antara unsur pimpinan dan fraksi dalam membahas wakil bupati. “Ini rapat internal DPRD, tidak untuk umum, karena memang soal pemilihan wabup ini sifatnya agak politis. Kami mengundang para pimpinan fraksi, semua unsur pimpinan dewan ada, rapat di ruang pimpinan DPRD. Hasilnya kita memberikan rekomendasi kepada para fraksi untuk mengirimkan perwakilan anggotanya menjadi pantek,” ujarnya kepada Radar, kemarin.

Kata Asep, untuk keanggotaan pantek nantinya akan diisi 14 orang. Pembagiannya, dari Fraksi Gerindra dan PKB ada tiga orang, kemudian Golkar, PPP dan PDI Perjuangan dua orang, Demokrat dan PAN masing-masing satu orang. “Insyaallah, Senin (16/12) keanggotaan pantek ini harus diisi dan fraksi diminta segera mengirimkan nama-nama perwakilannya, dilaporkan ke pimpinan, nanti akan dibawa ke paripurna untuk diumumkan pembentukan pantek beserta keanggotaannya. Jika Senin terisi, rencana Selasa (17/12) bisa langsung di paripurnakan,” ujarnya.

Kata dia, cepat atau tidaknya pemilihan wakil bupati tergantung dari kerja panitia teknis itu sendiri. Jadi bagaimana pantek membahas dan merancang teknis pemilihan. “Teknis pemilihannya nanti pantek yang menentukan, disepakatinya seperti apa. Apakah mau voting atau aklamasi, yang penting tidak mencederai demokrasi dan aturan tata tertib DPRD, karena pemilihan wabup ini juga demi masyarakat,” tambah dia.

Sekretaris DPRD Kabupaten Tasikmalaya Drs H Iing Faridz Khozin MSi menambahkan, tahapan pengisian wakil bupati menunggu usulan nama-nama keanggotaan pantek dari fraksi-fraksi dulu, karena mereka yang akan membahas mekanisme dan lainnya.

“Setwan sudah mengirimkan surat ke setiap fraksi, yang isinya fraksi harus mempersiapkan calon-calon untuk pantek. Kemudian nanti ada surat balasan dari setiap fraksi ke pimpinan DPRD untuk dibawa ke paripurna,” kata Iing.

Ketua Fraksi PKB DPRD Kabupaten Tasikmalaya Jejeng Zaenal Muttaqin mengaku pada intinya akan tunduk kepada hasil keputusan rapat pimpinan. “Tentu Fraksi PKB akan ikut keputusan bersama dengan mengajukan tiga orang anggota untuk menjadi pantek,” terang dia. (dik)

loading...
Halaman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.