BAHAYA! Dilarang Berenang di Pantai Pamugaran Pangandaran, di Bawah Lautnya Ada Ini..

302
0

PANGANDARAN – Guna menghindari munculnya kembali korban tenggelam di sepanjang Pantai Pemugaran Pangandaran, Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Kabupaten Pangandaran bersama jajaran Satpolair Polres Ciamis memasang rambu-rambu larangan berenang.

Di kawasan ini, lebih didominasi atau dikenal dengan Sentral Seafood dan Kampung Turis.

Sekretaris Balawista Pangandaran, Asep Kusdinar mengatakan, pemasangan rambu-rambu larangan berenang merupakan salah satu upaya untuk mencegah terjadinya kecelakaan laut.

“Kita antisipasi untuk mencegah wisatawan agar tidak berenang di lokasi berbahaya, mengingat jumlah petugas juga terbatas, kita mengintensifkan pemantauan dari pos 1 sampai pos 5, sementara di lepas pantai Pamugaran paling hanya patroli sewaktu-waktu saja,” terangnya, Minggu (29/12).

Asep berharap, wisatawan mematuhi imbauan tersebut sehingga tidak memberanikan diri berenang di zona terlarang.

“Kalau ingin berenang lebih baik di lokasi yang diperbolehkan. Di sana petugas kami memantau aktivitas wisatawan, mohon ditaati karena kondisi di laut sangat berbeda dengan di kolam, di laut ada ancaman arusbawah laut yang di lokasi-lokasi tertentu sangat kuat arusnya,” ungkap Asep.

Ia juga mengimbau agar wisatawan selalu menggunakan alat bantu berenang dan tidak memberanikan diri berenang jauh ke tengah.

Menanggapi insiden kecelakaan laut yang menewaskan warga Kota Cimahi, Sabtu (28/12/2019), Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata juga mengingatkan wisatawan untuk tidak melakukan hal-hal yang dilarang.

“Di sepanjang pantai Pamugaran itu zona berbahaya, tidak boleh berenang disana, jangankan wisatawan, warga nelayan di sini juga tidak ada yang berani. Jadi mohon untuk tidak coba-coba berenang disana,” ungkapnya.

Jeje mengatakan, aktivitas untuk berenang ditetapkan hanya di kawasan Pantai Barat dengan pengawasan Petugas Balawista.

(nana suryana)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.