Bahayakah Pengguna Jalan, Pohon Tua Pinggir Jalan Garut Dibabat

34
0
PANGKAS POHON. Petugas Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Garut memangkas pohon tua di Jalan Pembangunan Kamis (21/1).yana taryana / rakyat garut
Loading...

TAROGONG KIDUL – Dinas Lingkungam Hidup (DLH) Kabupaten Garut melakukan pemangkasan pohon tua di pinggir Jalan Pembangunan, tepatnya di depan Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Garut, Kamis (21/1).

Pemangkasan pohon tua dilakukan sebagai upaya mengantisipasi adanya pohon tumbang saat musim hujan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Garut Uu Saepudin mengatakan pemangkasan pohon tua di wilayah perkotaan karena dinilai membahayakan, terutama saat musim hujan. Pohon-pohon yang sudah tua atau sudah tidak berlaku, mati, ditebang karena dinilai membahayakan lingkungan sekitarnya.

Baca juga : Kasus Covid-19 Masih Tinggi, PPKM Garut Diperpanjang

“Sedang untuk pohon yang dinilai masih layak dipertahankan, karena usianya relatif muda dan kondisinya sehat, itu hanya dilakukan pemangkasan,” ujarnya.

loading...

Menurut Uu, Dinas LH yang mengelola pohon-pohon di pinggir jalan atau di ruang terbuka. Pihaknya berkomitmen untuk mempertahankan keasriannya.

Namun kaitan adanya penebangan, hal tersebut berdasarkan permintaan mendesak dari masyarakat sekitar atau pengguna jalan. Maka pihaknya mempertimbangkan kembali bagi pohon tua dan sudah tidak tumbuh.

“Pohon merupakan aset yang sudah ditanam sekian puluh tahun lalu. Tapi di sisi lain kita mempertimbangkan hal lain ketika memiliki potensi membahayakan atau untuk keperluan yang lebih mendesak,” paparnya. (yna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.