Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

3.1%

19.3%

7.3%

70.3%

Bakal Calon Bupati Tasik Perseorangan Lolos Verifikasi Tingkat Kecamatan

1380
0
SILATURAHMI. Bakal Calon Bupati Independen Cep Zamzam Dzulfikar Nur silaturahmi dengan tokoh ajengan dan masyarakat di Kecamatan Karangnunggal, Minggu (19/7). DIKI SETIAWAN / RADAR TASIKMALAYA

SINGAPARNA – Walaupun baru hasil sementara rapat pleno tingkat kecamatan, perolehan syarat dukungan calon perseorangan sudah melebihi batas persyaratan 88.820.

Hal itu diungkapkan Komisioner Divisi Teknis dan Penyelenggaraan KPU Kabupaten Tasikmalaya Jajang Jamaludin SAg kepada Radar, Minggu (19/7).

Baca juga : HEBAT.. Dishub Kabupaten Tasik Bagikan 18.800 Nasi Bungkus per Hari

Menurut Jajang, pelaksanaan verifikasi faktual (verfak) terhadap syarat dukungan calon perseorangan atau independen perhitungannya sudah selesai diplenokan di tingkat kecamatan.

“Sementara itu untuk pelaksanaan pleno tingkat kabupaten terhadap hasil verifikasi faktual calon perseorangan akan dilaksanakan Selasa (21/7),” ujarnya.

Lanjut dia, adapun gambaran hasil sementara perhitungan terhadap syarat dukungan calon perseorangan, hasilnya melebihi batas persyaratan calon independen yakni 88.820.

“Jadi untuk hasil sementara pleno tingkat kecamatan kebanyakan memenuhi syarat (MS). Sudah melebihi 88.820, bahkan yang MS-nya lebih dari 100 ribu. Artinya untuk verifikasi faktual calon perseorangan tidak ada tahap dua atau perbaikan,” kata Jajang.

Jajang menambahkan, bahwa hasil akhirnya tetap nanti pada pleno tingkat kabupaten, karena hasil di tingkat kecamatan belum final walaupun yang memenuhi syaratnya melebihi batas persyaratan.

“Artinya legalitas untuk bakal calon perseorangan nanti bisa daftar ke KPU adalah hasil pleno tingkat kabupaten. Jadi nanti hasil lengkap dan legalitasnya diberikan kepada calon independen,” tambah dia.

Bakal Calon Bupati Independen Cep Zamzam Dzulfikar Nur mengaku sangat bersyukur atas informasi hasil verifikasi faktual calon perseorangan yang disampaikan oleh KPU.

“Syukur alhamdulillah sesuai harapan kami termasuk harapan masyarakat yang menginginkan bakal calon independen. Yang dibuktikan dengan syarat dukungan calon perseorangan ini,” kata dia.

Bahkan, ungkap Zamzam, menurut informasi dari asosiasi bakal calon independen di Jawa Barat bahwa syarat dukungan calon perseorangan yang cukup banyak itu ada di Pilkada Kabupaten Tasikmalaya.

Diharapkan dari syarat dukungan calon perseorangan yang diberikan ini bisa menjadi suara dukungan di Pilkada Tasik ketika ditetapkan sebagai calon dan dipilih oleh masyarakat pada 9 Desember 2020 nanti.

Ia mengakui syarat dukungan yang telah dicapai ini adalah buah kerja keras dan perjuangan, tim, tokoh, unsur ulama, ajengan, kiai dan masyarakat yang mendukung selama tiga tahun terakhir ini menuju Pilkada Tasik.

“Alhamdulillah setelah saya mendapat informasi bahwa syarat dukungan calon perseorangan melebihi batas persyaratan. Kita langsung sowan dan silaturahmi ke 3.500 para tokoh masyarakat dan ajengan kiai se-Kabupaten Tasik,” ungkap dia.

Silaturahmi dan sowan ke para tokoh ini, kata Zamzam, dilakukan untuk penguatan struktur setelah sekian lama fokus pada syarat dukungan.

Termasuk meminta doa dan restu serta dukungan ketika hasil verfak KPU Ini ditetapkan dan mendaftar dan ditetapkan sebagai calon oleh KPU.

Zamzam pun bahkan sudah membentuk tiga tim untuk melakukan silaturahmi dan sowan ke 3.500 para tokoh masyarakat dan agama di 351 desa 39 kecamatan sebagai penguatan struktur dan dukungan.

“Tim satu saya sendiri yang memimpin yang sudah melakukan silaturahmi dan sowan ke para tokoh masyarakat dan ajengan di Tasik Selatan seperti Karangnunggal, Bantarkalong, Parungponteng dan Culamega,” terang dia.

Baca juga : Asep: RKB Covid-19 Kabupaten Tasik Berantakan

Kemudian, lanjut dia, tim kedua dipimpin Bakal Calon Wakil Bupati Independen Padil Karsoma yang sowan dan silaturahmi ke para tokoh di wilayah Tasik Utara seperti Cisayong dan Sukahening.

“Tim ketiga dipimpin oleh pak Tatang Farhanul Hakim (TFH) sebagai sesepuh dari tim CEKAS, beliau ke Tasik Barat dan Timur. Kita akan laksanakan silaturahmi dan sowan ini selama 22 hari ke depan sebelum mendaftar ke KPU,” terang dia. (dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.