Bakor Pakem Pantau Empat Aliran Keagamaan

200
0
KOORDINASI. Tim Bakor Pakem melaksanakan rapat di Aula Kejaksaan Negeri Kota Banjar Kamis (27/6). Bakor Pakem saat ini tengah memantau empat aliran agama yang diduga menyimpang. (Cecep herdi / radartasikmalaya.com)

BANJAR – Badan Koordinasi Pengawasan Aliran Kepercayaan dan Keagamaan (Bakor Pakem) memantau empat aliran agama yang dicurigai menyimpang. Hal tersebut dikatakan Ketua Tim Bakor Pakem Kota Banjar Gunadi.

“Yang sudah ada di data kami ada tiga aliran. Ini ada laporan lagi satu aliran baru di Kota Banjar. Untuk aliran ini (yang baru dilaporkan) masih proses investigasi,” kata Kepala Kejaksaan Negeri Kota Banjar ini Kamis (27/6).

Gunadi mengatakan Bakor Pakem bertugas mengawasi aliran-aliran kepercayaan dan sempalan dari agama supaya tidak terjadi konflik.

“Supaya tidak terjadi konflik di masyarakat. Karena aliran-aliran agama yang menyimpang dan keluar dari aturan pemerintah dikhawatikan menjadi dasar konflik di masyarakat,” kata dia.

Ia menambahkan kondisi di Kota Banjar saat ini masih kondusif dari konflik aliran agama yang menyimpang.

“Untuk pantauan kita selalu melakukan rapat rutin dengan tim Bakor Pakem yang terdiri dari TNI dan Polri, Departemen Agama dan Dinas Kebudayaan. Rapat rutin kami lakukan untuk mencegah penyebaran aliran keagamaan yang menyimpang kemudian dibalut dengan budaya. Kita benar-benar memantau,” ungkapnya.

Ia mengakui di Kota Banjar ada aliran agama yang dibalut dengan kebudayaan. Namun tim Bakor Pakem masih mempelajarinya.

“Kita masih mempelajarinya, ada memang. Nah nanti jika benar temuan ini terbukti maka kita akan berupaya untuk menyadarkannya,” kata dia. (cep)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.