Bakti Nyata dari TNI untuk Masyarakat

65
0
BEBERSIH. Dandim 0613 Ciamis Letkol Arm Tri Arto Subagio (kedua dari kiri) memungut sampah di lapangan Desa Parakanmanggu Kecamatan Parigi Kamis (28/3). Deni Nurdiansah/Radar Tasikmalaya
Loading...

PARIGI – Desa Parakanmanggu Kecamatan Parigi menjadi lokasi yang dipilih Kodim 0613 Ciamis menyelenggarakan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) Tahun 2019.

Dandim 0613 Ciamis Letkol Arm Tri Arto Subagio mengatakan TMMD yang ke-106 akan dilaksanakan Oktober tahun ini. ”Jadi hari ini mengecek lokasi dan melaksanakan karya bakti bersama unsur muspika, desa, Polsek Parigi, FKPPI dan masyarakat lain,” terangnya kepada Radar, Kamis (28/3).

Menurut dia, lama pelaksanaan TMMD tergantung sasaran pekerjaan yang ditetapkan. Jika membutuhkan waktu yang cukup lama, akan dilaksanakan pra TMMD terlebih dahulu. ”Untuk pelaksanaan TMMD sendiri dilaksanakan selama 21 hari,” ucapnya.

Untuk fokus pekerjaan TMMD, kata dia, berupa bidang fisik dan non fisik. ”Untuk bidang fisik bisa berupa jalan, sekolah, rumah ibadah dan lain-lain, sementara non fisik berupa penyuluhan, pengenalan wawasan kebangsaan dan lain-lain. Intinya menyangkut segala sesuatu yang menjadi kebutuhan masyarakat,” ujarnya.

Tujuan pelaksanaan TMMD, tambah dia, yakni meningkatkan kemanunggalan masyarakat dengan TNI. Apalagi secara historis hubungan keduanya begitu erat. ”Lewat TMMD ini diharapkan bisa mempererat hubungan keduanya agar terus berisnergi,” tegasnya.

Loading...

Ia menegaskan jika tidak ada TNI, maka tidak ada masyarakat dan sebalikanya. ”Dan juga kita terus bersinergi dengan elemen masyarakat lain termasuk Polri,” katanya.

Dalam kegiatan Karya Bakti tersebut, anggota Kodim 0613 melaksanakan kegiatan apel, bersih-bersih dan olahraga bersama. ”Sebanyak 423 personil kami kerahkan hari ini,” ucapnya.

Kades Parakanmanggu Suryo menyambut baik rencana pelaksaan TMMD di desanya. ”Sangat membantu sekali, terutama dari segi pembangunan infrastruktur disini,” tuturnya. Dia berharap sinergitas antara masyarakat dan TNI bisa terus terjalin dengan baik. ”Mudah-mudahan hubungan TNI dan masyarakat bisa terus dipererat,” harapnya. (den)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.