Balapan Liar di Jalan Raya Dipidana 1 Tahun Penjara

33

CIAMIS – Petugas Opnal Lalu Lintas Polres Ciamis, Bripka Suherli SH mengingatkan kepada seluruh pengguna kendaraan, baik orangtua , pemuda dan kalangan melinial trutama para pelajar untuk memahami tata cara berkendara yang baik.

Jika ugal-ugalan, kata Suherli, apalagi sampai balapan di jalan raya, hal itu sudah melanggar Pasal 297 jo 115 huruf b.

Dimana setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor berbalapan di jalan sebagaimana dimaksud dalam pasal 115 huruf b dipidana degan pidana kurungan paling lama 1 ( satu ) tahun atau denda paling banyak Rp 3 juta (tiga juta rupiah).

“Saya sarankan berkendara lah dengan baik, tidak ugal-ugalan atau balapan, karena jelas bisa dipidanakan,” ungkap Suherli didampingi staf Lantas Polres Ciamis BRIPKA Dian Tri Sopyan , saat sosialisasi Millennial Road Safety Festival di SMA Terpadu Arisalah Ciamis.

Suherli menjelaskan dampak berkendara balapan dijalan raya, bisa merugikan orang lain, serta bisa merugikan dirinya sendiri juga.

“Selain bisa alami luka berat hingga cacat permanen, bahkan bisa sampai kematian juga. Alangkah baiknya berkendara dengan baik dan mentaati peraturan lalu lintas,” jelasnya.

W

akil Kepala Sekolah SMA Terpadu Arisalah Ciamis, Niki Ari Afgani mengungkapkan dengan adanya sosialisasi pihak kepolisian, diharapkan bisa memberikan pemahaman yang baik kepada anak didiknya, tentang tatacara berkendara dengan baik.

“Salah satunya mengenai pemahaman berkendara jangan sampai ugal-ugalan atau balapan di jalan raya, karena perbuatan itu melanggar hukum dan bisa dipidanakan. Ini menjadi pengalaman berharga bagi para siswa agar berkendara dengan baik dan taat hukum,” pungkasnya. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.