Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
18%

82%

Untuk Penuhi Standar Pengawasan Pantai, Balawista Pangandaran Kurang Personil

22
0
PENYELAMATAN. Anggota Balawista Pangandaran melakukan penyelamantan kepada wisatawan saat terjadi kecelakaan di Pantai Pangandaran. Balawista untuk Pangandaran
PENYELAMATAN. Anggota Balawista Pangandaran melakukan penyelamantan kepada wisatawan saat terjadi kecelakaan di Pantai Pangandaran. Balawista untuk Pangandaran

PANGANDARAN – Balawista Kabupaten Pangandaran membutuhkan lebih banyak anggota, untuk mengawasi seluruh Pantai Pangandaran.

Sekretaris Balawista Kabupaten Pangandaran Asep Kusdinar mengatakan saat ini anggota Balawista Kabupaten Pangandaran berjumlah 40 orang.

”Kita masih butuh 20 orang lagi , agar memenuhi standar pengawasan,” jelasnya kepada Radar, ditemui di Setda Pangandaran Selasa (8/10).

Asep mengatakan satu pos jaga harusnya diisi oleh 10 orang lifeguard, sementara saat ini masih diisi enam orang. ”Saat ini ada lima pos jaga, bagusnya yang berjaga itu ada 50 orang setiap hari,” tuturnya.

Dirinya tidak memungkiri setiap kunjungan wisata membludak, lifeguard Pangandaran sering kelabakan. ”Terutama untuk mengatasi laka laut, kita memang perlu anggota yang cukup banyak,” jelasnya.

Sebagai contoh, lanjut dia, titik kunjungan terbanyak pada lebaran kemarin saja, ada 300 kejadian kecelakaan laut, anak hilang dan lain-lain. ”Berkaca dari sana, kita perlu membagi-bagi tugas lebih banyak lagi,” ujarnya.

Pihaknya mengaku telah melakukan pengajuan kepada Bu­pati Pangandaran H Jeje Wi­ra­dinata untuk melakukan pe­nam­bahan personil.

”Nantinya mung­kin kita akan melakukan rek­­rut­men, syaratnya bisa meme­nuhi kriteria sebagai se­o­rang lifeguard, bisa berenang, me­lakukan penyelamatan dan per­to­longan pertama pada korban,” tuturnya.

Selain itu, calon anggota juga diharuskan mengikuti sertifikasi menjadi seorang lifeguard. ”Kita juga akan meminta kepada DPRD dan pemerintah daerah, agar membentuk sebuah payung hukum terkait sertifikasi lifeguard ini, baik itu dalam bentuk Perda atau Perbup,” katanya. (den)

loading...