Balita Ikut Swab Test Massal, Putus Rantai Sebaran Corona di Banjar

421
0
SWAB TEST. Seorang ibu menggendong anaknya yang masih bayi untuk dilakukan swab test di Lapang Tenis Pendopo Kota Banjar, Selasa (14/7). Anto Sugiarto / Radar Tasikmalaya 
SWAB TEST. Seorang ibu menggendong anaknya yang masih bayi untuk dilakukan swab test di Lapang Tenis Pendopo Kota Banjar, Selasa (14/7). Anto Sugiarto / Radar Tasikmalaya 

BANJAR – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Banjar melakukan swab massal terhadap orang yang kontak erat dengan pasien positif untuk memutus mata rantai penyebaran wabah.

Selasa (14/7), di Lapangan Tenis Pendopo Kota Banjar dilakukan swab massal yang salah satu pesertanya adalah anak usia satu tahun dan sembilan tahun. Swab itu dilakukan sebagai upaya penelusuran terhadap mereka yang pernah kontak erat dengan yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 hasil swab test masif.

“Ini yang dilakukan tracking (penelusuran, Red) dari pasien positif yang ditemukan dari karyawan pabrik pengelolaan kayu, pedagang di Banjar Atas (BA, Red),” ujar Tim Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Banjar dr H Agus Budiana Ekaputra kepada wartawan disela swab test, kemarin.

Baca juga : Kasus Corona Kembali Muncul, Pengenalan Lingkungan Sekolah di Kota Banjar Dipangkas

Kata dia, mereka yang pernah kontak dengan pasien positif Covid-19 dari karyawan pabrik ada 38 orang dan pedagang di Banjar Atas (BA) ada 10 orang.

“Mereka yang dilakukan tracking ada bayi satu orang dan anak-anak satu yang merupakan keluarga dari yang terkonfirmasi positif Covid-19. Mereka juga ikut swab test, tapi lewat rongga mulut, memastikan tidak terpapar atau tertular virus corona,” tandasnya.

Dikatakan dia, dalam tracking kali ini fokus terhadap keluarga dan tetangga sekitar rumah mereka yang pernah kontak dengan terkonfirmasi positif Covid-19 untuk memastikan mereka tidak terpapar virus corona yang saat ini masih belum selesai.

“Mereka yang sudah swab test diberi sembako, karena harus menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing dan diarahkan untuk tidak beraktivitas ke luar rumah untuk sementara waktu sambil menunggu hasil swab keluar,” ungkapnya.

Sampai saat ini, kata dia, secara keseluruhan yang sudah mengikuti swab massal sebanyak 991 orang, yang sudah keluar hasilnya sekitar 800 orang dan 3 di antaranya dinyatakan positif Covid-19. (nto)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.