Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

4.2%

20.4%

8.1%

67.3%

Balon Bupati Tasik Wajib Hadir saat Pendaftaran, Kecuali Sakit

635
0
Simulasi pendaftaran radartasikmalaya.com
KPU Kabupaten Tasikmalaya saat menggelar simulasi penerimaan pendaftaran bakal calon bupati/wakil bupati Tasikmalaya di Kantor KPU.

TASIK – Waktu pendaftaran bakal calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati Tasikmalaya di Pilkada Tasikmalaya tinggal satu hari lagi, yakni 4-6 September 2020.

Tahapan pendaftaran tersebut merupakan gerbang para Balon untuk secara resmi ditetapkan oleh KPU Kabupaten Tasikmalaya menjadi calon di Pilkada Tasik baik dari jalur partai politik atau perseorangan.

Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya, Zamzam Zamaludin SP menjelaskan, jelang satu Minggu tahapan pendaftaran calon di Pilkada Tasik persiapan KPU sudah matang bahkan sudah dibuat jadwal tahapannya.

“Jadi, tujuh hari menjelang tahapan pendaftaran calon pada 4 September 2020 sampai 6 September, kami KPU Kabupaten Tasikmalaya sudah mempersiapkan untuk penerimaan pendaftaran calon bupati/wakil bupati Tasikmalaya di Kantor KPU,” terang Zamzam, kepada Radar, Rabu (02/09).

Termasuk, terang dia, KPU sudah menyampaikan surat dan regulasi terutama kepada seluruh stakeholder tokoh masyarakat termasuk kepada partai politik dengan harapan pada saat pendaftaran nanti seluruh calon ini betul-betul memenuhi persyaratan.

“Terutama memenuhi syarat pencalonan juga dan syarat calon. Diantaranya syarat pencalonan adalah persetujuan dan usulan dari gabungan partai politik atau SK yang ditandatangani oleh pengurus DPP partai tersebut,” ungkap dia.

Menurut Zamzam, SK yang dibawa oleh bakal calon dari partai politik untuk mendaftar bentuk SK-nya harus asli dengan ditandai ada cap basah dan tanda tangan pimpinan dan ketua DPP partai yang mendaftarkan calonnya.

Adapun batasan dalam tahapan pendaftaran calon ke KPU, lanjut dia, karena dalam kondisi pandemi Covid-19, ada protokol kesehatan yang harus diterapkan, maka jumlah peserta atau massa yang mengantar calon jumlahnya dibatasi minimal 25 orang maksimal 60 orang. Tidak lebih 100 orang.

Kemudian, tambah dia, bakal calon yang didaftarkan oleh partai politik koalisi wajib hadir saat pendaftaran ke KPU.

Terkecuali yang berhalangan hadir karena alasan sakit dan ada surat keterangan dari petugas kesehatan atau medis yang berwenang.

“Contohnya jika ada bakal calon yang sakit yang betul-betul tidak bisa keluar rumah, harus dibuktikan dengan surat keterangan sakit dari dokter,” jelas dia.

Komisioner KPU Kabupaten Tasikmalaya Divisi Teknis dan Penyelenggaraan Jajang Jamaludin SAg menambahkan untuk waktu pendaftaran calon, pada tanggal 4-5 September dibuka pukul 08.00 sampai pukul 16.00. “Sedangkan 6 September dari pukul 08.00 sampai pukul 24.00,” ujar dia.

KPU pun, terang dia, sudah menyebarluaskan dan mengumumkan surat KPU Kabupaten Tasikmalaya Nomor 452/PL.02.2-PU/3206/KPU-Kab/VIII/2020 tentang Pendaftaran Pasangan Calon Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tasikmalaya Tahun 2020.

Berdasarkan ketentuan Peraturan Pemerintah Pengganti (PP) Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga atas Undang-undang Nomor 1 Tahun 2015.

Tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota menjadi Undang-undang serta Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 5 Tahun 2020.

Tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2019 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2020.

Bersama ini diumumkan hal-hal sebagai berikut, jelas dia, ketentuan pendaftaran pasangan calon pertama pendaftaran pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Tasikmalaya Tahun 2020 dilaksanakan
selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 4-6 September 2020.

Dengan waktu pendaftaran, jelas dia, tanggal 4 dan 5 September dilakukan pukul 08.00 sampai dengan 16.00. Kemudian tanggal 6 September 2020 dilakukan pukul 08.00-24.00 di Kantor KPU Kabupaten Tasikmalaya.

Ketentuan lainnya, bakal pasangan calon perseorangan, bakal pasangan calon dari partai politik, tim pasangan calon perseorangan dan pengurus partai politik atau gabungan partai politik wajib hadir pada saat pendaftaran.

Kemudian, dalam hal pengurus partai politik atau gabungan partai politik, atau salah satu bakal calon atau bakal pasangan calon tidak dapat hadir pada saat pendaftaran, partai politik atau gabungan partai politik tidak dapat melakukan pendaftaran.

Kecuali ketidakhadiran tersebut disebabkan halangan yang dapat dibuktikan dengan surat keterangan dari instansi yang berwenang.

Setiap Bakal Pasangan Calon harus menyerahkan hasil Polymerase Chain Reaction (PCR) atau Swab Test pemeriksaan Covid-19 yang telah dilakukan maksimal 14 hari sebelum pendaftaran.

Dia menerangkan, ketentuan persyaratan pencalonan berdasarkan keputusan KPU Kabupaten Tasikmalaya Nomor 4/HK.03.1-Kpt/3206/KPU-Kab/X/2019 tanggal 26 Oktober 2019 tentang Penetapan Persyaratan Pencalonan untuk Partai Politik atau Gabungan Partai Politik dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tasikmalaya Tahun 2020.

Ketentuannya, jelas dia, untuk jumlah kursi di DPRD provinsi atau kabupaten/kota paling sedikit 20% dari jumlah kursi Pemilu tahun 2019 adalah sebanyak 10 kursi, jumlah suara sah paling sedikit 25% dari jumlah suara sah.

Pada pemilu anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2019 adalah sebanyak 247.855 suara.

Kemudian dokumen persyaratan pencalonan dan persyaratan calon, memedomani ketentuan pasal 42 dan pasal 43 peraturan KPU Nomor 1 Tahun 2020.

Tentang perubahan ketiga atas peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota.

Dokumen persyaratan pencalonan dan persyaratan calon dimasukkan ke dalam map dan ditulis dengan huruf kapital nama pasangan calon dan partai politik atau gabungan partai politik, atau nama pasangan calon perseorangan.

Kemudian, dibuat dalam dua rangkap, satu rangkap asli dan satu rangkap salinan. Data dan informasi tahapan pencalonan.

Informasi lebih lanjut dapat diperoleh melalui Helpdesk KPU Kabupaten Tasikmalaya.

Tepatnya di Ruko Blok Singaparna Nomor 7-10, Jalan Raya Timur, Cipakat, Kecamatan Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat. “Atau menghubungi nomor telepon (0265) 7543616,” tambah dia.

(diki setiawan)

Berita TerkaitĀ  :
PIilbup Tasik, Jumlah Pengantar Pendaftaran Calon Bupati Dibatasi
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.