Bandara Nusawiru Dialihkan ke Swasta

229
0
AKAN DIBENAHI. Fasilitas Bandara Nusawiru akan segera dibenahi, sebagai upaya menyambut Pangandaran dijadikan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kamis (7/3). (Deni Nurdiansah / radartasikmalaya.com)
Loading...

PANGANDARAN – Tahun ini, Pangandaran direncanakan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), berbagai perubahan besar akan terjadi di beberapa sektor termasuk aksesibilitas.

”Kita akan fokuskan ke aksesibilitas, terutama pengembangan Bandara Nusawiru. Kemarin kita sudah ngobrol dengan provinsi dan Pak Gubernur katanya sedang proses negosiasi, untuk dialihkan ke pihak ketiga (swasta),” ujar Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata kepada wartawan, Rabu (7/3).

Menurut dia, pengembangan dan penguatan Bandara Nusawiru menjadi sangat krusial, mengingat Pangandaran yang akan menjadi wilayah KEK.

”Termasuk nanti apakah maskapai penerbangan Garuda Indonesia dari Tasikmalaya bisa kesini, di akhir pekan,” ungkapnya.

Jeje mengatakan peningkatan akses menuju Pangandaran lewat udara, bisa meningkatkan kunjungan turis asing. ”Jelas turis asing banyak yang menggunakan akses lewat jalur udara,” tuturnya.

Koordinator Bandara Nusawiru Hendra Gunawan mengatakan runway bandara tersebut rencananya akan diperpanjang menjadi 2.500 meter, dengan lebar 45 meter. ”Sekarang Bandara Nusawiru memiliki panjang 1.400 meter dengan lebar 30 meter,” ucapnya.

Selain perpanjangan runway, kata dia, penambahan fasilitas pendukung bandara juga akan dilakukan. Sementara fasilitas POM tender dan juga X-Ray kini sudah tersedia. ”Tinggal menambah fasilitas lain,” tuturnya. (den)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.