Bangga Pakai Batik Khas Tasik

13

TASIK – Sejak ditetapkan UNESCO Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2009, Hari Batik selalu diperingati pada 2 Oktober. Beragam lapisan masyarakat memperingatinya dengan memakai baju batik. Tak terkecuali Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Pengadilan yang mewajibkan siswanya mengenakan baju batik khas Tasik Selasa (2/10).

Kepala SDN 1 Pengadilan M Rukiyah SPdi mengatakan, di moment Hari Batik Nasional ini semua warga sekolah termasuk memakai baju batik. Budaya ini sudah dilakukan setiap tahunnya. “Bahkan orang tua mengenakan batik saat mengantar anak-anaknya ke sekolah,” ujar dia.

Dengan memakai baju batik, sambungnya, bisa memperkenalkan batik Tasikmalaya sejak dini. Sehingga semua siswa mengetahui batik Tasikmalaya dan melestarikannya. “ Untuk lebih mengenalkan dan menimbulkan rasa cinta pada budaya Indonesia,” jelas dia.

Rukiyah berharap, melalui peringatan Hari Batik Nasional ini anak-anak bisa senang memakai batik, menghargai karya-karya pengrajin batik dan semakin mencintai budaya Indonesia. (ujg)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.