Bangkitkan Semangat Berkarya

42

TASIK – Pramuka Prabu Siliwangi Rarasubang Karancang Universitas Siliwangi (Unsil) menggelar Giat Tangkas Pramuka (Gita) ke-XIV di lapangan Unsil Minggu (30/9). Kegiatan ini diikuti gerakan pramuka dari jenjang SMP, SMA dan perguruan tinggi se Jawa Barat.

Ketua Dewan Racana Prabu Siliwangi Adhitya Muhammad Fauzy menuturkan kegiatan Gita ini digelar rutin tahunan yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pelajar dan mahasiswa di bidang pramuka. “Menghidupkan giroh semangat berkarya dan berjuang sehingga memacu anggota pramuka yang terus memberikan kontribusi ,” tutur Adhitya.

Ia berharap, peserta pramuka bisa menjadi generasi yang siap berkarya dan berkontribusi untuk negara di berbagai bidang, seperti simbol pramuka tunas kelapa yang bermakna hal yang terkecil sampai hal terbesar memberikan manfaat. “Intinya kita ingin mencetak generasi yang siap dengan segala tantangan, berani dan siap menjadi generasi yang berkarakter dan memberikan kontribusi,” ujarnya.

Ketua Pelaksana Jajang Nurjaman menuturkan, Gita tahun ini untuk pertama kalinya melibatkan perguruan tinggi yang ada di Jawa Barat. Adapun jenis perlombaan yang dilaksanakan yakni lomba Latihan Keterampilan Baris Berbaris (LKBB), lomba film pendek serta pioneering dengan bentuk hewan untuk Penegak dan menara untuk Penggalang.

Selain itu juga ada lomba Nomber One Of Gita (NOG) untuk Penegak, untuk Penggalang ada lomba Isyarat Semboyan Pramuka (Iska). “Untuk perguruan tinggi lombanya hanya dua, yakni membuat puisi bertema Indahnya Kebhinekaan dan essai bertema Pramuka Perekat NKRI,” tutur Jajang.

Melalui kegiatan ini terjalin silaturahmi dengan semua anggota pramuka sehingga makin banyak saudara dan keluarga. “Ini juga menjadi pendidikan dan pelatihan bagi anggota Pramuka Unsil, agar makin kompak dalam memenej kegiatan,” katanya.

Untuk pemenang, sambungnya, juara umum diberikan piala bergilir dari Gubernur, uang pembinaan dan lain-lain. Juara ini ada tiga kategori yakni juara umum Purwa, Madya dan Utama. Tambahnya, kegiatan Gita sengaja dilaksanakan di lingkungan Unsil agar peserta semakin mengenal Unsil. (ais)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.